Menunggu Tamu Istimewa di Wakatobi

1
388

Menyelam di perairan Taman Nasional Wakatobi memang luar biasa. Bagaimana tidak, mata seperti tak henti-hentinya dimanjakan oleh berbagai views yang sangat fantastik. Ke mana pun pandangan diarahkan, selalu saja pesona yang didapatkan. Bukan cuma terumbu karang yang begitu mengagumkan, biota laut lain, seperti ikan turut menghiasi pemandangan alam bawah laut di sana. Belum lagi, kawasan taman lautnya yang sangat luas, pastinya bikin puas. Bayangkan, total areanya mencapati 1,39 juta hektar. Waw, spektakuler. Rasanya, sebulan pun tak akan cukup untuk menjelajahinya.

Sensasi lain yang pasti akan ditemui di Wakatobi adalah biota laut yang begitu beragam dan dalam jumlah yang masif. Setidaknya, sebanyak 750 dari 850 spesies koral yang ada di dunia hidup di taman nasional ini. Tercatat ada 25 gugusan terumbu karang di lokasi ini dan berada dalam kedalaman yang ideal. Sehingga, memungkinkan banyak jenis biota laut yang akhirnya menghuni kawasan ini. Tak pelak, kawasan ini pun memiliki nilai estetika serta konservasi yang tinggi.

Sebab itu, tak jarang pula kawasan Taman Nasional Wakatobi kedatangan “tamu istimewa”, yakni ikan paus sperma  atau Physeter macrocephalus dan ikan pari manta atau Manta Ray. Secara keseluruhan jenis ikan yang menghuni kawasan ini sebanyak 93, sedang karangnya mencapai 112 jenis. Semua itu tentu saja menjadi penghias yang sangat menawan dan pastinya enak untuk dipandang. Menjadi kian lengkap lagi, karena secara topografi, bawah laut kawasan itu, selain dipenuhi aneka warna cantik, juga bentuknya yang variatif. Ada slope, flat, drop-off, atoll serta gua bawah air. Bagaimana, keren kan?