Menjelajahi Kapal Perang di Saipan

0
995

Saat Perang Dunia II berkecamuk di Samudra Pasifik, Pulau Saipan, banyak menenggelamkan armada perang milik Jepang dan Sekutu. Kini, bangkai armada tersebut menjadi objek wisata selam.

 Saipan adalah nama salah satu pulau Commonwealth of The Northern Mariana Island (CNMI). Letaknya berada di atas kepulauan Indonesia, diantara Jepang dan Filipina. Dengan populasi sekitar 48.000 penduduk, Saipan merupakan salah satu negara pesemakmuran Amerika Serikat.

Meski merupakan wilayah Amerika, semua penduduk di pulau ini terlalu masih banyak yang berbahasa Jepang. Tak heran jika banyak sekali turis Jepang dan Korea yang berkunjung di setiap hari liburnya. Setiap turis yang datang akan disambut dengan sapaan Hafa Adai (baca: half a day) yang berarti “halo”.

Sebagai salah satu medan pertempuran Perang Dunia II, Saipan menyimpan banyak kenangan bersejarah.  Bangkai-bangkai tank, dan artileri lainnya mudah ditemukan di pulau ini.  Kisah sejarah ini tersimpan rapih di Museum Sejarah dan Budaya CNMI.

Peninggalan sejarah perang tersebut kemudian menjadi sebuah misteri ketika ditemukan di dasar lautnya. Ya! perairan Saipan telah mejadi kunjungan wajib para penikmat olahraga bawah air dari seluruh dunia.

Ada sebuah laguna biru kehijauan di pantai sebelah barat pulau, di antara Tanapaq dan kota Garapan. Laguna yang indah itu merupakan kuburan bawah laut bagi pesawat tempur, tank, granat, kapal perang, bayonet, hingga helm-helm pelindung para tentara yang menjadi saksi bisu ganasnya peperangan di Saipan.

Salah satu objek yang paling banyak diburu dan sudah menjadi ikon bawah laut Saipan adalah B-29.

Jangan berpikir objek tersebut merupakan bangkai pesawat pembom B-29 yang terkenal itu. Karena B-29 yang terkubur di bawah laut Saipan merupakan bangkai armada Angkatan Laut Kekaisaran Kawanishi H8K. Berada di kedalaman 10 meter, B-29 masih menyisakan mesin baling-balingnya yang besar .

Yang paling menyenangkan adalag daya pandang penyelaman di lokasi ini sangat bagi. Selain memudahkan untuk menyelam, tentu saja, memudahkan untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi bawah laut Anda.