Mengobati Vertigo dengan Terapi Alami

0
608

Terserang vertigo rasanya, yang jelas menyiksa banget. Bumi terasa muter-muter, dan pusingnya luar biasa. Terus, perut mual, dan ujungnya muntah-muntah. Kondisi ini tentu mengganggu aktivitas banget. Nah, seperti itulah, kalau vertigo sudah menyerang. Salah satu kondisi yang tak jarang dikeluhkan orang dewasa. Munculnya kadang cuma sekali, tapi bisa juga berkali-kali sampai pemicunya bisa ditemukan. Lalu bagaimana cara mengobati vertigo?

Jika ditelisik, vertigo itu sebenarnya ada beberapa jenis. Nah, satu di antaranya yang diklaim paling umum adalah benign positional paroxysmal vertigo (BPPV). Dan, seperti dikutip dari Healthline, jenis yang satu ini dipicu oleh tumpukan endapan pada bagian dalam telinga, yang menavigasi rasa keseimbangan tubuh.

Bukan cuma itu. Harus diakui masih ada kondisi lain yang kerap menyebabkan vertigo.  Contohnya: stroke, neuritis vestibular, cedera kepala atau leher, dan penyakit meniere. Lantas, mengatasinya? Cukup simpel. Untuk mengobati vertigo ini bisa ditempuh lewat terapi alami.

Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa di antaranya.

Banyak minum air putih

Kurang minum air putih bisa dipastikan akan menyebabkan dehidrasi. Sementara dehidrasi itu sendiri akan membuat tubuh seseorang menjadi pusing serta berisiko kehilangan keseimbangan. Atau, dengan kata lain, dehidrasi bisa menimbulkan gejala vertigo. Sebab itu, untuk mengobati vertigo ini direkomendasikan banyak minum air putih.

Teh jahe

Cara alami lain yang bisa diandalkan buat mengobati vertigo adalah minum teh jahe. Dari sebuah penelitian yang dirilis Journal of Acupuncture and Tuina Science membuktikan bahwa jahe bisa mengurangi efek vertigo. Lantas, ramuannya seperti apa? Akar jahe direbus dalam secangkir air mendidih selama kira-kira 5 menit. Setelah itu, tambahkan madu, biar rasa pahit jahe bisa berkurang. Dan, minumlah teh jahe dua kali sehari buat mengatasi mual, pusing serta gejala vertigo lain.

Ginkgo biloba

Tak kalah ampuhnya dalam meredakan vertigo adalah ginkgo biloba. Harus diakui tanaman ini sudah terbukti sebagai obat alami yang efektif. Ginkgo biloba diklaim bisa mengatur aliran darah ke otak. Sehingga, diyakini bisa meredakan pusing serta membuat keseimbangan stabil. Dari hasil sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Otolaryngology menyebutkan bahwa ginkgo biloba dan obat betahistine sama efektifnya dalam mengelola vertigo.

Kacang almond

Kacang almond juga bisa diandalkan untuk meredakan vertigo. Pasalnya, kacang yang satu ini punya kandungan vitamin yang sangat mendukung buat mengatasi vertigo. Untuk diketahui, kacang almond kaya akan vitamin A, B, dan E. Lalu, buat membantu meredakan vertigo, makan saja segenggam almond tiap hari.

Minyak esensial

Untuk urusan vertigo, minyak esensial juga bisa diandalkan. Minyak jenis yang satu ini diklaim sangat ideal menjadi pilihan pengobatan alami. Minyak esensial ini mampu mengatasi gejala vertigo: mual, sakit kepala, dan pusing. Dan, beberapa jenis minyak esensial yang diyakini bisa mengobati vertigo, misalnya, jahe, peppermint, lemon, dan lavender.