Marinir Siapkan Latihan Operasi Amfibi Secara Besar-besaran

0
69
Dok Foto: Dispen Kormar

Jakarta (Samudranesia) – Jelang Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 di daerah Dabosingkep, ratusan prajurit petarung dan puluhan material tempur Korps Marinir melaksanakan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Pelabuhan JICT  Tanjung Priok Jakarta Utara, Selasa (06/04/2021).

Apel Gelar yang pimpin langsung oleh Kas Koarmada 1 Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M. Tr (Han)., CHRMP., yang didampingi Komandan Pasmar 1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. selaku Wakil Direktur Latihan (Wadirlat) serta dihadiri oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) yang diwakilkan oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Ahmad Fajar.

Gelar kali ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan baik material maupun personel secara real dan untuk meyakinkan kesiapan latihan yang akan dilaksanakan selama 18 hari Mulai dari tanggal 29 Maret 2021 sampai dengan 15 April 2021

Kegiatan Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 ini melibatkan Satu Batalyon Pasukan Pendarat yang dipimpin langsung Kolonel Marinir Freddy Ardianzah selaku Komandan Pasukan Pendarat (Danpasrat), Kapal Perang Republik Indonesia, 5 Pesawat Udara dan 10 kendaraan tempur Korps Marinir yang  terdiri dari BTR-50 6 unit dan BMP 3F 4 unit, dengan daerah latihan mulai Jakarta, Laut Jawa, Laut Natuna dan Dabo Singkep latihan ini juga sekaligus sebagai Latihan Pra Armada Jaya yang dilaksanakan mulai akhir Juni sampai dengan awal Juli 2021.

Sementara itu di Dabo Singkep, Kepulauan Riau, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E.,M.M., M.Tr (Han) meninjau secara  langsung kesiapan daerah Latihan Korps Marinir.

Selain meninjau tempat Latihan Pendaratan Amfibi Tahun 2021 di Pantai Todak, Wadan Kormar yang didampingi oleh Asintel Dankormar, Aspers Dankormar, Kadispen Kormar, Danlanmar Jakarta  melaksanakan pengecekan tempat peresmian Pusat Latihan Tempur Korps Marinir yang berada di Dabosingkep.

Peninjauan yang dilakukan oleh Brigjen Wadan Kormar tersebut bertujuan untuk mengecek kembali kesiapan material maupun daerah latihan yang akan diresmikan menjadi tempat berlatihnya Prajurit Petarung Korps Marinir.

Rencananya Puslatpurmar  Dabo Singkep ini akan diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang di awali dengan serbuan prajurit-prajurit petarung Korps Marinir yang tergabung dalam Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 di Daerah Latihan Dabo Singkep.

Dalam kegiatan ini juga tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19 serta dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. (*)