Mampir di Cianjur, Ini Deretan Kuliner Khasnya

0
353
Geco, salah satu jenis kuliner khas Cianjur yang paling banyak dicari. Dok. merahputih.com

Cianjur (Samudranesia) – Menyambangi Situs Gunung Padang buat refreshing memang sangat pas. Selain bisa memanjakan mata, dari situs ini juga bisa menambah wawasan. Tapi, gak  adil dong, kalau wisata cuma buat memanjakan mata doang. Yang pasti, lidah atau perut Anda pun sangat  perlu itu. Lebih-lebih yang namanya wisata, menikmati panorama alam, sekaligus kuliner khas daerah itu belakangan seolah sudah menjadi satu paket.

Makanya, rugi banget, kalau sehabis menikmati eksotisme situs Gunung Padang, nggak mencicipi kuliner khas Cianjur. Gak lengkap, kalau kata orang. Atau, juga sebaliknya, sebelum bertandang ke situs tersebut, mampir di Cianjur dan manjakan dulu lidah Anda, dengan mencicipi kuliner khasnya.

Mengulik kuliner khas kota yang pernah populer mendapat julukan sebagai  kota tauco ini lumayan berjibun. Bukan cuma dari jenis camilan, tapi juga menu buat santapan yang serius. Bahkan, minumannya pun boleh dibilang gak kalah banyaknya. Pokoknya, untuk urusan goyang lidah, Cianjur gak kalah dengan kota-kota lainnya. Komplet. Ni beberapa di antaranya:

1. Ikan Bakar Cianjur

Nah, buat Anda pencinta ikan, menu yang satu ini pasti bakal memuaskan selera lidah Anda. Ikan Bakar Cianjur, siapa sih yang gak kenal menu ini. Sensasi rasanya yang pasti luar biasa. Lebih-lebih, bahan utamanya ikan mas, jangan heran kalau bikin nagih. Makanya, sebelum atau sesudah wisata ke situs Gunung Padang, nikmati menu khas ikan bakar Cianjur ini.

2. Geco

Mau coba juga menu khas Cianjur lainnya? Cicipi deh “geco”. Geco alias toge dan tauco. Di Cianjur menu ini cukup populer, karena sensasi rasanya yang sangat khas dan menggoda. Dan, cukup banyak tempat yang menjual geco ini. Pokoknya, sekali saja mencicipi geco, dijamin bakal ketagihan. Menu yang cukup unik ini selain dibuat dari toge dan tauco, juga ketupat, tahu goreng, mie aci disiram kecap, plus cuka dan sambal.

3. Bubur ayam Cianjur

Gak kalah khasnya adalah bubur ayam Cianjur. Bubur yang satu ini jelas sangat kondang di tengah masyarakat Cianjur. Karena sensasi rasanya yang bikin nagih. Bubur ayam Cianjur tak lain adalah bubur yang terbuat dari beras. Teksturnya tidak encer tapi juga tidak terlalu kental. Lalu, dikombinasi dengan bumbu kuning, irisan ati – ampela, bawang goreng, seledri, kacang dan suiran ayam. Dan, tambah asyik lagi diberi topping, seperti telur rebus dan gorengan. Yang jelas, nyesel deh, kalau ke Cianjur, tanpa mencicipi bubur ayam ini.

4. Sate maranggi

Jenis kuliner lain yang sensasi rasanya menggoda adalah sate maranggi. Terkait rasa, memang sate yang satu ini boleh dibilang gak ada duanya. Sate ini dibuat dari daging sapi dan dibalur bumbu bacem serta dibakar hingga bumbu tersebut benar-benar meresap. Teksturnya tidak alot dan empuk banget, tak heran terasa enaknya saat di mulut. Satu lagi, sate maranggi akan terasa lebih sensasional jika disajikan dengan nasi kuning ataupun ketan bakar. (guss)