Lembah Baliem Juga Punya Kopi Berkelas Dunia

0
468
Dok. hutanpapua.id

Wamena (Samudranesia) – Betul banget. Namanya kopi Wamena. Perkebunan kopi Papua ini berada di Wamena yang juga menjadi bagian Lembah Baliem. Dan, lembah yang panjangnya berkisar 80 km ini persis berada di belahan timur Gunung Jayawijaya.

Menyeruput kopi Wamena pastinya bikin nagih. Cita rasanya benar-benar unik dan memanjakan lidah. Pastilah, karena kopi ini memiliki sensasi floral. Bernuansa cokelat plus wangi bunga. Teksturnya pun halus banget, dengan kadar asam dan kafein yang rendah. Serta, body yang medium. Bukan rahasia lagi, kopi berjenis arabika ini dikembangkan lewat teknik kultivar bourbon. Gak salah dong kalau kopi Wamena ini kemudian disejajarkan dengan kopi Jamaica Blue Mountain.

Rasanya gak aneh sih, kalau kualitas kopi Wamena begitu diunggulkan. Pasalnya, dari proses penanaman biji kopinya hingga proses pembuatannya memang sesuai dengan kriteria standar kopi berkelas dunia. Ini dimulai dari perkebunan yang berada pada ketinggian antara 1.200 – 1.600 mdpl. Lalu, dikelola oleh petani tradisional secara organik, atau bebas kimia, dan tentunya, menggunakan alat tradisional pula, plus pupuk alami.

Hal lain yang ikut menunjang dalam membuat kopi Wamena menjadi unggulan, karakter dari tanah perkebunannya adalah vulkanik. Serta, udara yang menyelimuti areal perkebunan sejuk banget. Bisa mencapai 15 derajat celsius, utamanya pada malam hari. Satu kondisi yang memang ideal banget buat pengembangan kopi jenis arabika. Perlu juga dicatat, kopi arabika ini bukan cuma ditanam di Wamena dan Nabire. Tapi, ada sejumlah tempat lain di tanah Papua yang memiliki perkebunan kopi, yakni: Arfak, Sigri, Sorong, Samari dan banyak lagi.

Menikmati sensasi rasa kopi Wamena yang balance dan smooth, terus ditambah aromanya yang harum, bukan tak mungkin akan membuat siapapun terlena. Apalagi, sembari nyeruput, menyaksikan atraksi budaya yang disuguhkan dalam Festival Lembah Baliem, asyiknya jelas makin sulit diucapkan dengan kata-kata. Pastinya, kopi yang cenderung menyajikan flavor note yang earthy ini punya karakter unik. Punya sensasi herbal dengan aftertaste yang smokey banget. Nah, dengan karakter uniknya itu, tak jarang kopi Wamena dijadikan campuran house blend.

Kopi Wamena kini menjadi salah satu jenis kopi yang ikut merajai pasaran, baik dalam maupun luar negeri. Kopi yang aromanya harum banget serta sweetness-nya sedang ini banyak dilempar ke pelbagai pasar dunia. Antara lain, Hongkong dan Amerika Serikat. Mau tahu sensasi kopi Wamena? Seruput aja langsung di kota asalnya Wamena. Sembari menikmati cita rasa kopinya, nikmati pula Lembah Baliem yang eksotisnya luar biasa. (guss)