Lagu “Lathi” Lambungkan Indonesia di Kancah Musik Dunia

0
1061
Dok. Suara.com

Jakarta (Samudranesia) – Luar biasa! Dan, sulit dipercaya ada lagu hasil racikan anak bangsa kini mendunia. Hebatnya lagi para kreator lagu tersebut terbilang masih anak-anak muda. Mereka adalah Eka Gustiwana, Gerald Liu dan Reza Arap, awak grup band Weird Genius. Mereka lantas menggandeng seorang rapper cewek cantik dan enerjik dari Surabaya, Sara Fajira.

Lewat tangan dingin serta kejeniusan kelompok Weird Genius plus Sara Fajira kemudian lahir single berjudul “Lathi”. Lagu ini terbilang sangat fenomenal. Pasalnya,  lirik lagu “Lathi” selain menggunakan Bahasa Inggris, juga Bahasa Jawa. Bahkan, judulnya sendiri “Lathi” diambil dari Bahasa Jawa kuno yang berarti “ucapan”. Sebuah “perkawinan” aliran musik modern dan tradisional yang sensasional. Dengan skill yang mereka punya, lagu tersebut “dipoles” sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah single yang berkelas. Keren.

Tak heran, jika “Lathi” mendapat sambutan publik yang luar biasa. Terbukti, lagu ini berhasil merajai “Indonesia Top 50” selama enam minggu sejak 10 Mei 2020. Memecahkan rekor di Spotify sebagai lagu lokal dengan durasi terlama. Menyisihkan rekor sebelumnya yang dipegang lagu “Secukupnya” dari Hindia.

Di mancanegara lagu “Lathi” juga mendapat sambutan yang tak kalah heboh. Selain memuncaki tangga lagu Malaysia Viral 50 pada Mei 2020, lagu ini pun jadi jawara dalam Singapore Viral 50 pada Mei 2020. Bukan cuma itu. Lagu “Lathi” pun sangat tenar di Hong Kong dan Taiwan. Bahkan, di Amerika Serikat berkat pemunculan wajah ketiga personel Weird Genius tersebut di Times Square New York

Lebih luas lagi Lathi juga menguasai Global Viral 50 Spotify dan mampu bertahan beberapa lama sampai akhirnya bertengger di peringkat kedua. Lagu ini juga berhasil menembus playlist Teen Party, deretan lagu dunia terpanas dengan tiga juta followers dari seluruh dunia. Sejauh ini lagu Lathi telah didengar lebih dari 19,8 juta di Spotify. Dan, lagu yang dirilis pada 28 Februari 2020 ini sudah ditonton 73 juta kali di You Tube dan 100 juta secara streaming. Bravo! (Guss)