Kunjungi Pulau Damar, Kasal Tinjau Lahan TNI AL dan Lakukan Aktivitas Hidros

0
131
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di Pulau Damar.

Jakarta (Samudranesia) – Letaknya yang strategis di gugus Kepulauan Seribu, membuat Pulau Damar memiliki peran sentral untuk navigasi pelayaran bagi kapal-kapal yang hendak menuju Jakarta.

Keberadaan pulau ini menjadi penanda bagi kapal-kapal yang berlayar menuju Jakarta. Ketika suar pulau ini sudah dilihat kapal menandakan pelabuhan Tanjung Priok sudah tak jauh lagi.

Lahan yang berada di pulau ini sebagian besar dimiliki oleh TNI AL. Pulau ini juga biasa menajdi tempat latihan tempur dan penelitian hidro oseanografi.

Terkait itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) meninjau lahan-lahan TNI Angkatan Laut yang berada  di Pulau Damar,  Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (25/2).

Peninjauan Kasal ini dilaksanakan menjelang pelaksanaan penyematan brevet kehormatan Hidros.  Sebelumnya dengan dipandu penjaga Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) atau Suar, Kasal melihat kondisi bangunan Suar dan turut serta menaiki bangunan tersebut.

Saat peninjauan di Suar ini, Kasal memberikan bantuan tali asih kepada para penjaga Suar yang telah mendarma baktikan hidupnya demi keamanan pelayaran.

Di pulau tersebut, Kasal juga terlibat langsung dalam aktivitas pengamatan geodetik dan Benchmark (BM) serta pengukuran garis Pantai, Demo penggunaan USV Z-boat di area Dermaga. Selain itu, Kasal juga melihat langsung  stasiun Meteorologi, Posko Tim Survei, bahkan naik ke Suar (Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), Saat di Suar  Kasal memberikan tali asih kepada penjaga Suar. Setelah itu, Kasal melaksanakan investigasi pipa bawah laut dan proses akuisisi data Batimetri serta investigasi wreck dengan menggunakan Multibeam Echosounder (MBES) setelah melewati stasiun arus dan gelombang.  

Dalam kegiatan ini Kasal didampingi Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, S.E, M.M., Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M., Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) Laksamana Pertama TNI Taufik Arief, S.T., M.M.,  Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P. dan Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) I Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. (*)