Korps Baret Ungu Unjuk Kekuatan di Pantai Baruna

0
181
Foto: Dispen Kormar.

Malang (Samudranesia) – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono. M.Tr (Han) yang diwakilkan Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah,S.E., M.M., M.Tr (Han)  melepas keberangkatan Lintas Medan  para Komandan Satuan yang akan melaksanakan Rapat Komando (Rako) dan Apel Komandan Satuan (AKS)  Korps Marinir TNI Angkatan Laut Tahun 2021 di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir (Puslatpurmar) 4 Purboyo, Minggu (7/3/2021).

Kegiatan Lintas Medan tersebut  sebelum dilepas Wadankormar diawali dengan yel-yel penyemangat  dari setiap tim. Peserta kali ini berjumlah 150, dibagi dalam dua sesi yaitu Pejabat Utama dan Komandan Satuan dijajaran Korps Marinir.

Lintas Medan (Limed) tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Rako dan Aks Korps Marinir Tahun 2021, dengan menempuh jarak kurang lebih 30 KM yang dilaksanakan mulai dari titik start di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir (Puslatpurmar) 4 Purboyo dan Finish di Pantai Baruna Kondang Iwak Malang Selatan.

Limed kali ini tidak hanya menempuh jarak yang cukup jauh, Para pemegang tongkat komando tersebut harus melewati bukit -bukit, hutan belantara serta harus mampu melewati berbagai rintangan mulai dari penyebrangan sungai,  meniti tali, menembak reaksi dan mendayung perahu karet.

Sebelumnya seluruh peserta telah melewati Test Swab Anti Gen sebagai pemenuhan standar protokol kesehatan yang berlaku dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Rapat Komando

Acara kemudian berlanjut pada Rapat Komando (Rako) dan Apel Komandan Satuan (AKS) Korps Marinir Tahun 2021 yang dibuka secara resmi oleh Dankormar. Acara tersebut dilaksanakan di Pantai Baruna Kondang Iwak Malang Selatan. Minggu (07/03/2021).

Selaras dengan tema Rapim TNI dan TNI Angkatan Laut Tahun 2021 maka Rako dan AKS tahun ini mengangkat tema “KORPS MARINIR TNI AL YANG BESAR MODERN UNGGUL DAN JAYA SIAP MENDUKUNG PERCEPATAN PENANGGULANGAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI SERTA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DEMI MENJAGA KEUTUHAN NKRI”.

Mengawali amanatnya, Dankormar menyampaikan ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh komandan satuan di manapun berada yang bertugas atas dedikasi yang telah diberikan dalam menjalankan tugas-tugas Korps Marinir.

“Terutama saat membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional serta senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi merespon dengan cepat setiap perintah Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P,  dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut  Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dankormar mengatakan  rasa bangga dengan komitmen dan kebersamaan yang tulus dan ikhlas di tahun sebelumnya kita dapat melakukan peran dan menyelesaikan tugas-tugas Korps Marinir dengan baik.

Di akhir amanatnya  melalui Rako dan AKS ini diharapkan para Komandan Satuan di jajaran Korps Marinir mampu menyatukan persepsi dalam implementasi tugas dan tanggung jawab untuk Mendukung tugas Korps Marinir sesuai kebijakan Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Laut dan Komandan Korps Marinir

“Ini guna mewujudkan Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang besar, modern, unggulan jaya,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr(Han), Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono, Komandan Pasmar 1, Komandan Pasmar 2, Komandan Pasmar 3, Pejabat Utama Korps Marinir dan Seluruh Pemegang Tongkat Komando di jajaran Korps Marinir. (*)