Konser Solidaritas Kumpulkan Rp4 Miliar Donasi

0
393
Sejumlah musisi terlibat dari Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia (Dok.Kemenparekraf)

Samudranesia (Jakarta) – Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia yang diinisiasi Komunitas Bersama Jaga Indonesia dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berjalan sukses pada Sabtu (16/5/2020) dan berhasil mengumpulkan donasi hingga Rp4 miliar.

Sejumlah artis dan musisi nasional terlibat dalam konser yang disiarkan secara langsung di enam stasiun televisi swasta tersebut. Mereka antara lain Erwin Gutawa Orchestra, Yovie Widianto, GIGI, Radja, Rossa, Andien, Via Vallen, Inul Daratista, Dira Sugandi, Yura Yunita, Tompi, Sandhy Sondoro, Iwa K, Afgan, Rizky Febian, Arsy Widianto, Rizki & Ridho, Andre Taulany, Sule, Andhika Pratama, Gading Marten, Baim Wong, Maia Estianty, dan lainnya.

Donasi yang dikumpulkan melalui crowd funding KitaBisa.com berhasil mengumpulkan dana hingga Rp 4.017.217.884. Dana ini nantinya akan disalurkan untuk membantu tenaga kesehatan yang berjuang menghadapi pandemi COVID-19, serta para pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak COVID-19.

Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia ini mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo. “Semoga acara ini bisa menginspirasi banyak orang dan mempererat rasa persatuan kita,” kata Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga mengajak masyarakat untuk terus berinovasi dan berkreasi di tengah keterbatasan pandemi ini dan saling mendukung dengan mencintai karya anak bangsa, bangga dengan buatan Indonesia dan beli buatan Indonesia.

“Saya yakin setelah masa pandemi COVID-19 ini berakhir akan semakin banyak inovasi dan karya-karya yang akan bersinar. Mari bersama jaga Indonesia,” kata Joko Widodo.

Penggalangan donasi sendiri masih akan terus dibuka melalui kitabisa.com/konserjagaindonesia dan benihbaik.com/campaign/bersamajagaindonesia.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan Kemenparekraf/Baparekraf akan terus berupaya menjalankan mitigasi atas dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif seperti arahan Presiden Joko Widodo.

“Pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang paling terdampak dari pandemi COVID-19. Dengan semangat bersama dan solidaritas, kita bisa bersama-sama menghadapi pandemi ini dan menjadi lebih baik lagi kedepannya,” kata Wishnutama.