Ketua Paguyuban Nelayan Di Gresik Dipilih Lewat Pemilu

0
155
Pemilihan Ketua Paguyuban Nelayan di Gresik.

Gresik (Samudranesia) – Paguyuban nelayan Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menggelar pemilihan ketua nelayan di desa tersebut secara langsung layaknya pemilihan umum.

Menurut Ketua panitia acara, Masudin, pemilihan langsung ini pertama kalinya digelar dan merupakan keinginan dari para anggota nelayan setempat yang didasari spirit menegakkan demokrasi.

“Murni keinginan anggota. Sengaja diatur seperti pemilu dan proses pemilihan ketua ini benar-benar jujur, adil dan transparan,” kata Masudin, Sabtu (13/2/2021).

Dia menambahkan acara pemilihan ketua nelayan secara langsung ini memang terinspirasi pilihan kepala desa (Pilkades) yang berlangsung secara demokratis. Harapannya dengan terpilihnya ketua secara demokratis nantinya akan membawa pengaruh positif bagi paguyuban nelayan Desa Banyuurip.

“Tentu kami berharap ketua baru yang terpilih secara demokratis bisa membuat eksistensi paguyuban nelayan Desa Banyuurip lebih maju dan berkembang sehingga bisa membawa manfaat bagi keluarga nelayan maupun masyarakat luas,” ucap Masudin.

Secara teknis pelaksanaan proses pemilihan ketua paguyuban nelayan Desa Banyuurip ini berlangsung lancar dan tertib. Para anggota nelayan yang sebelumnya telah didata dan diverifikasi dinyatakan ada 313 anggota nelayan yang memiliki hak suara.

Mereka lalu antre menuju bilik suara yang telah disiapkan panitia untuk kemudian

memilih salah satu dari dua calon ketua mereka yakni Ainur Rofiq dan Muhamad Tolib.

“Setelah penghitungan suara, Ainur Rofiq dinyatakan terpilih sebagai ketua dengan perolehan suara sebanyak 131. Sedang Muhamad Tolib hanya mendapat 92 suara. Sementara suara tidak sah mencapai 59 suara,” jelas Masudin.

Seusai acara pemilihan, Kepala Desa Banyuurip Ihsanul Haris menilai ini sebagai langkah maju yang dilakukan paguyuban nelayan di desanya. Karena itu dirinya berharap bisa sekaligus dijadikan momentum untuk kebangkitan nelayan yang lebih bermartabat.

“Kami berharap ke depan paguyuban nelayan Desa Banyuurip bisa lebih baik lagi,” harapnya. (*)