Kepada Pasis Seskoal, Prof Marsetio Sampaikan Pentingnya Membangun Geomaritim di Tengah Pandemi

0
870

Foto: Laksamana TNI (Purn) Prof Dr Marsetio

Jakarta (Samudranesia) – Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) menerima Kuliah Umum dari Laksamana (Purn) Prof.Dr. Marsetio Guru Besar Bidang Pertahanan Maritim Unhan secara E-Learning (Video Conference) di Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (4/6).

Kuliah Umum tersebut dibuka oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., yang diwakili Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., dengan membacakan Riwayat Hidup singkat Laksamana (Purn) Prof. Dr. Marsetio.

Danseskoal pun memperkenalkan para Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020. Selanjutnya mewakili Danseskoal, Wadan Seskoal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Laksamana (Purn) Prof. Dr. Marsetio, M.M., atas waktu dan berkesempatan memberikan Kuliah Umum di Seskoal.

Selanjutnya, Laksamana (Purn) Prof.Dr. Marsetio, M.M., memaparkan materi Kuliah Umum dengan tema “Dinamika Geomaritim Di Tengah Pandemi Covid-19”.

Dalam kuliah umum tersebut, Kasal periode 2012-2015 ini mengupas mengenai gejolak global dan kawasan khususnya di Laut China Selatan. Dua kekuatan besar yang tengah berseteru hari ini yaitu Amerika Serikat dan China harus bisa diredakan sebisa mungkin oleh Indonesia sebagai stabilisator kawasan.

Ketahanan nasional Indonesia dalam lingkup Geomaritim dalam bingkai visi Poros Maritim Dunia juga diurainya secara detail. Dengan posisinya yang strategis, Indonesia harus mampu membangun kekuatan maritimnya agar bisa menjadi pemain kunci di kawasan Asia Pasifik.

Usai memaparkan materi Kuliah Umum, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Mayor Marinir Daniel Rudi. Kuliah Umum ini juga dihadiri para Pejabat Utama Seskoal dan para Patun serta Dosen Seskoal. (Tyo)