Kawasan Kodamar Sunter Diplot Sebagai Miniatur Pancasila

0
99
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. Dok Foto: Dispenal

Jakarta (Samudranesia) – Kawasan kompleks TNI Angkatan Laut (TNI AL) Kodamar Sunter ibarat miniatur gambaran implementasi Pancasila dengan adanya pembangunan Pura ini, sebelumnya sudah ada beberapa rumah ibadah masjid dan gereja. Terbangunnya Pura akan menambah fasilitas ibadah pusat pembinaan mental dan spiritual keluarga besar TNI AL serta sarana terjalinnya kerukunan antar umat beragama.

Demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.,  saat melaksanakan Peletakan Batu Pertama pembangunan Pura, bertempat di Kodamar Lantamal III Balai Graha Samudera, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (02/11).

Pembangunan Pura di Sunter ini, merupakan wujud tanggung jawab pemimpin TNI AL  dalam melaksanakan pembinaan mental dan rohani guna mewujudkan personel TNI AL yang beriman, bermoral, humanis, dan profesional. Diharapkan seiring peningkatan mental akan  terwujud pula peningkatan kinerja dan kompetensi personel dalam melaksanaan tugas-tugas yang menjadi beban amanahnya.

Pembangunan Pura ini di tanah seluas 980 meter rencannya akan dilengkapi   dengan bangunan-bangunan candi bentar, wantilan, kori agung, bale saka 6, bale pemujan, tugu karang dan bangunan padmasari, disamping beberapa fasilitas pendukung lainnya. Pura dibangun dengan mempertimbangkan tata ruang lingkungan sekitar danau, sehingga akan terbangung  keindahan lingkungan.

Menurut Kasal, pembangunan Pura Kodamar Lantamal III Jakarta merupakan salah satu upaya TNI AL untuk memenuhi kebutuhan fasilitas dan sarana tempat ibadah bagi Umat Hindu dalam upaya meningkatkan kekuatan spiritual serta lebih mendekatkan hubungan rohani antara manusia kepada Sang Pencipta.

“Umat beragama Hindu di Kodamar sangat banyak, sehingga saat ada yang menyarankan untuk bisa dibangun Pura, saya perintahkan silahkan mencari tempat pembangunan Pura untuk umat Hindu yang nantinya kita bisa realisasikan, dan Alhamdulillah hari ini sudah ditemukan tempatnya dan sengaja memilih tempat di pinggir danau harapannya agar lebih khusyu dalam beribadah,” ungkap Laksamana Yudo.

Pada kesempatan ini, Kasal berpesan kepada seluruh prajurit TNI AL agar senantiasa menjaga kerukunan sebagai salah satu kekuatan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan  berharap pembangunan Pura dapat diwujudkan sesuai yang direncanakan, sehingga pemanfaatan nantinya selain untuk keluarga besar TNI bisa juga digunakan untuk masyarakat umum. 

Setelah peletakan batu dan penanaman pohon beringin  sebagai tanda dimulainya pembangunan Pura,  Kasal beserta para pejabat TNI AL meninjau pelaksanaan vaksinasi  Covid-19 warga Sunter dan memberikan bantuan sembako kepada peserta vaksin sebanyak 500 orang.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Danpushidrosal Laksdya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., Askomlek Kasal Laksda TNI ING Sudihartawan, S.Pi., M.M., selaku penasihat pembangunan Pura, para pejabat Utama Mabesal, Pangkotama TNI AL Wilayah Barat, para Kadis jajaran Mabesal dan Walikota Jakarta Utara serta Ketua PHDI Jakarta. (*)