Kapal Pengangkut Pupuk di Gresik Karam, ABK Berhasil Diselamatkan

0
317
KM Cantika Persada yang karam di perairan Gresik, Jawa Timur akibat tertabrak kapal lain.

Gresik (Samudranesia) – KM Cantika Persada yang mengangkut 1600 ton pupuk karam. Kapal tersebut karam akibat lambung di debelah kiri kapal bocor akibat ditabrak kapal lain di perairan Gresik, Jawa Timur, Sabtu (30/1/2021)

Akibat tabrakan yang mengakibatkan bocornya lambung kapal membuat posisi KM Cantika Persada yang hendak berlayar menuju Pontianak, Kalimantan Barat itu posisinya menjadi miring dan berisiko tenggelam.

Menurut keterangan Kasatpolair Polres Gresik, AKP Masyhur Ade, tabrakan terjadi akibat arus air dari arah selatan ke utara cukup kencang. Akibatnya sebuah kapal kehilangan kendali dan menabrak lambung sebelah kiri KM Cantika Persada sehingga mengalami kebocoran.

“Lokasinya sekitar 11 mil dari Pelabuhan PT Petrokimia. Karena kapal mengalami kebocoran maka air kemudian masuk ke dalam kapal hingga posisinya miring. Sementara 16 ABK langsung kita evakuasi menggunakan kapal Satpolair. Alhamdulilah semuanya selamat,” kata Masyhur Ade.

Selain menyelamatkan ABK Satpolair juga menyelamatkan surat maupun dokumen penting, pakaian serta barang-barang lain yang masih bermanfaat untuk kemudian diamankan di kantor Satpolair Polres Gresik yang berada di Jalan RE Martadinata Gresik.

Adapun kondisi pupuk muatan kapal saat ini telah tenggelam di laut. Sedang jenis pupuk tersebut adalah SP-36 dan ZA produksi PT Petrokimia Gresik. Untuk jumlah totalnya sebanyak 1600 ton. 

“Muatan pupuk sudah tenggelam di laut. Sedang untuk jumlah kerugian akibat kecelakaan hingga kini masih belum bisa ditafsirkan,” ujarnya.

Sementara 16 ABK yang berhasil diselamatkan oleh petugas Satpolair adalah Mohamad Zamroni (Nahkoda), Taufan Senja, Purnomo, Bambang Abimanyu, Nana, Muhamad Ismail, Suyatno, Rustam, Yanto, Imam Firdaus, Tauhid Akbar Samsu, Muhamad Ray Fatin, Adi Sufirman, Agung Setio Utomo, Ilyas dan Marjuki. (*)