Kapal Cumi Muara Baru Terbalik di Perairan Laut Jawa Menuju Dobo

0
2382

Foto: Kapal cumi Muara Baru yang terbalik di perairan Laut Jawa.

Jakarta (Samudranesia) – Kapal cumi asal Muara Baru terbalik lalu tenggelam di perairan Laut Jawa dengan posisi lintang 05 50 400 E, 109 08 920 E, Minggu (21/6). Kapal cumi itu tengah melakukan perjalanan ke Dobo, Kepulauan Aru, Maluku.

Hal itu diketahui oleh kapal Taikong yang melintas di dekatnya. Dalam kejadian itu, 17 orang berhasil dievakuasi termasuk sang kapten. Sementara sejak berita ini diturunkan, 5 orang masih dalam proses pencarian.

5 orang tersebut adalah 1 orang Kepala Kamar Mesin (KKM) dan 1 orang wakilnya serta 3 orang ABK. Menurut rekan-rekannya, mereka hanyut menggunakan dapra kapal.

Sementara 17 orang yang berhasil dievakuasi telah dipindahkan dari Kapal Taikong ke kapal rombongan mereka sendiri yakni KM Alam Jaya Makmur.

Mereka berangkat dari Muara Baru, Sabtu (20/6) sore dengan 22 personel. Memang gelombang perairan Laut Jawa sedang tinggi-tingginya sebagai dampak dari Gerhana Matahari yang terjadi pada Minggu (21/6) kemarin

Badan Matereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis ketinggian gelombang di Laut Jawa pada 21-22 Juni 2020 sekitar 1,5-2,5 meter. Ketinggian gelombang tersebut masih tergolong sedang, namun untuk nelayan yang berlayar tetap diingatkan untuk berhati-hati.