Korps Baret Ungu Bergerak Bantu Korban Bencana Banjir

0
485
Dankormar mayjen TNI Mar Suhartono mengecek kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Banjir di Lapangan Apel Brigif 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Jum'at (15/01/2021).

Jakarta (Samudranesia) – Banyaknya bencana yang melanda negeri tercinta Indonesia membuat TNI berjibaku melakukan operasi Search and Rescue (SAR). Hal itu mengingat operasi SAR merupakan bentuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang menjadi kewajiban TNI di saat bencana. Termasuk Korps Marinir TNI AL , yang berjuluk Korps Baret Ungu ini terlihat aktif dalam operasi SAR pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dan bencana banjir di Kalsel.

Terkait banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan, korps baret ungu yang bermotto Jaleshu Bhumyamca Jayamahe ini langsung berangkatkan personelnya. Hari ini, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) memimpin Apel Gelar Pemberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Banjir di Lapangan Apel Brigif 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2021).

Apel gelar Satgas Penanggulangan Bencana Banjir di Kalimantan Selatan tersebut, diawali dengan pemeriksaan personel dan material oleh Dankormar kemudian dilanjutkan dengan amanat.

Dalam amanatnya kepada personel Satgas, Dankormar menyampaikan bahwa sesuai dengan perintah dari Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P., menghadapi perkembangan situasi terakhir, Korps Marinir TNI AL dipercayakan untuk melaksanakan tugas operasi kemanusiaan, yaitu penanggulangan bencana banjir.

“Ini adalah panggilan tugas dari Ibu Pertiwi, saudara-saudara kita membutuhkan pertolongan. Ini menuntut kesigapan kalian, kesiapan kalian dan keikhlasan kalian untuk melaksanakan tugas,” tegas Dankormar.

“Saya harapkan kalian berangkat jangan lupa berdoa, agar dalam pelaksanaan tugas senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran,  serta tetap laksanakan protokol kesehatan”, pungkas Dankormar dalam amanatnya.

Turut hadir dalam acara Wadan Kormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han), Danpasmar 1 Bigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., Pejabat Utama Mako Kormar, serta Pejabat Utama Pasmar 1.

Sebelumnya diberitakan bencana banjir melanda sebagian besar wilayah di Kalimantan Selatan. Ribuan rumah warga dilaporkan terendam banjir, dan tidak kurang dari 20.000 warga harus mengungsi.

Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 7 Kabupaten/Kota terdampak banjir itu terdiri dari Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.(*)