Kadin Siap Dukung Pengembangan Wisata Kapal Pesiar di Indonesia

0
364
Kapal Pesiar Genting Dream berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (dok.samudra)

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap memberi dukungan infrastuktur untuk pengembangan industri  wisata kapal pesiar di Indonesia. Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto, di Jakarta, Rabu (10/1).

Menurut Yugi, upaya pemerintah untuk mendatangkan lebih banyak turis asing menggunakan kapal pesiar ke Indonesia merupakan langkah yang tepat. “Selain efisien dan efektif, juga mudah meningkatkan devisa dengan cepat,” ujarnya.

Dari sisi efisien, kata Yugi, jumlah turis asing yang datang bisa ribuan orang per  kapal. “Kita juga tak perlu memikirkan ketersediaan kamar hotel karena mereka tak membutuhkan tempat menginap,” jelas Yugi.

Apalagi, lanjut Yugi, setiap kali singgah para turis kapal pesiar ini cenderung bisa lebih banyak membelanjakan uangnya ketimbang turis konvensional.

Yang harus diprioritaskan pemerintah saat ini, menurutnya, adalah dengan memperbaiki infrastruktur pendukung untuk pengembangan industri wisata kapal pesiar tersebut.  “Mempersiapkan pelabuhan-pelabuhan yang akan digunakan sebagai pelabuhan kapal pesiar,” jelasnya.

Kadin, kata Yugi, siap mendukung pengembangan infratsruktur untuk kepentingan tersebut. “Para pengusaha di Kadin siap untuk membangun industri kapal pesiar dan wisata bahari di Indonesia,” tegasnya.

Selain itu, Kadin juga mendorong pemerintah daerah agar lebih siap menghadirkan destinasi wisata bahari untuk menyambut kedatangan turis kapal pesiar di daerahnya. “Agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” katanya.