JICT Optimis Bisa Layani Transhipment Kargo Internasional

0
294
Ilustrasi

Jakarta – Rencana PT Jakarta International Container Terminal (JICT) untuk membuka layanan transshipment kargo internasional mendapatkan dukungan penuh dari Serikat Karyawan perusahaan tersebut. Hal ini disampaikan oleh Mufti, Sekretaris Jenderal Serikat Karyawan JICT melalui siaran resminya, Kamis (21/3).

Menurut Mufti, JICT memiliki pengalaman mumpuni untuk  bisa bersaing dengan pelabuhan lain dalam melayani transshipment kargo internasional, seperti Singapura dan Malaysia yang selama ini menjadi pelabuhan transshipment. “Kami memiliki sistem dan SDM yang sudah teruji lebih dari 20 tahun. Layanan ini akan akan semakin memposisikan JICT sebagai yang terdepan di Indonesia dan itu membuat karyawan JICT bangga,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mendukung upaya pelayanan transshipment internasional tersebut harus ada upaya penguatan sumber daya manusia. Selama ini  karyawan JICT secara berkelanjutan mendapatkan pelatihan dan upgrade kemampuan dengan belajar di pelabuhan-pelabuhan lain yang terhubung dengan Hutchison Group. Program yang telah berlangsung sejak masuknya Hutchison ini telah menjadi salah satu kunci kemajuan JICT hingga saat ini.

“Investasi SDM yang dilakukan JICT menjadikan karyawan sebagai aset penting perusahaan. Yang menguntungkan karyawan juga mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik dari industri ini,” imbuh Mufti.

JICT sudah beroperasi selama lebih dari 20 tahun, dari semula hanya terminal kecil di Tanjung Priok, hingga menjelma sebagai perusahaan terminal petikemas terbaik dan terbesar di Indonesia. Sebagai bagian dari PT Pelindo II, JICT juga berkontribusi besar terhadap pendapatan BUMN pelabuhan terbesar di Indonesia tersebut.

Dengan adanya perpanjangan kontrak antara Hutchison Ports dan Pelindo II di JICT hingga 2039, kini Pelindo II mendapatkan rental fee dari JICT hingga US$ 85 juta per tahun, lebih dari Rp 1 triliun (kurs Rp 14.000 per US$).

Hadirnya Hutchison Ports di JICT telah menjadikan terminal ini memiliki standar layanan tertinggi di Indonesia. Lebih penting lagi, sebagai pengelola pelabuhan global, jaringan Hutchison membuat JICT makin banyak dilayari kapal-kapal besar dengan tujuan di seluruh dunia.