Jauhi Makanan Ini, Kalau Mau Cepat Sembuh dari Sakit Corona

0
162
Dok. anteroaceh.com

Jakarta (Samudranesia) – Kata “sembuh” tak bisa dipungkiri seolah menjadi kata sakti yang paling “diburu” oleh mereka yang tengah menderita sakit. Tak terkecuali, seringan apapun penyakit itu. Lebih-lebih, di saat Covid-19 lagi mewabah seperti sekarang. Wabah penyakit yang boleh dibilang menjadi momok menakutkan siapapun di muka bumi ini.

Lihat saja dari data terakhir, Rabu, 13 Januari 2021 (siang) virus Corona sudah menginfeksi sebanyak 858.043 orang di Indonesia, sembuh 703.464 dan meninggal 24.951. Lalu, untuk tingkat dunia korban virus pada Rabu, 13 Januari 2021 (pagi) sudah menginfeksi lebih dari 92 juta orang, seperti dilansir Worldometers. Sementara, yang meninggal sebanyak lebih dari 1,9 orang dan sembuh 66 juta lebih.

Pasti, Anda gak mau dong menjadi korban berikutnya? Nah, buat Anda yang masih sehat, tetaplah menjalankan Prokes sesuai anjuran Pemerintah. Sebaliknya, yang sudah positif Covid-19 dan sedang dalam masa isolasi, khususnya isoman alias isolasi mandiri jangan pernah putus asa. Ikuti setiap saran dokter, untuk menjalani hidup sehat, seperti olahraga yang sesuai anjuran, serta mengonsumsi makanan yang memenuhi standar gizi.

Jadi, konsumsi makanan sehat itu jelas mutlak diperlukan. Tentunya, biar proses penyembuhan dari penyakit corona bisa lebih cepat. Makanya, gak ada salahnya juga buat Anda tahu jenis-jenis makanan yang sangat tabu buat dikonsumsi di masa penyembuhan ini. Pasalnya, nekad makan semua jenis makanan ini berarti akan memperpanjang penderitaan Anda terbelenggu corona. Malah, bisa saja bakal terjadi yang lebih fatal dari itu. Nah, berikut beberapa jenis makanan tersebut, seperti dikutip dari Eat This.

1. Makanan kemasan

Gak bisa dibantah lagi kalau banyak banget jenis makanan kemasan yang rasanya mengundang selera. Tapi, jangan salah tak sedikit pula jenis makanan ini sangat tidak cocok dikonsumsi, khususnya buat para penderita penyakit corona. Pasalnya, makanan ini bisa memicu peradangan. Dan, ini akan berakibat penurunan daya tahan tubuh. Sebab itu, sebaiknya jauhi makanan jenis kemasan yang mengandung natrium serta zat adiktif tinggi, contohnya keripik kentang dan banyak lagi.

2. Makanan digoreng

Selanjutnya, makanan yang sangat dianjurkan buat dihindari adalah makanan yang digoreng. Makanan dari kelompok ini, menurut ahli diet Ashley Kitchens, ditengarai bakal memicu risiko penyakit berbahaya lainnya, seperti: jantung, diabetes, obesitas. Pasalnya, kandungan lemak dalam makanan ini tinggi, tak pelak berisiko merusak kekebalan tubuh.

3. Makanan pedas

Makanan pedas juga gak kalah bahayanya dengan jenis makanan sebelumnya jika dikonsumsi di masa-masa penyembuhan. Rasa pedas yang terkandung di dalamnya berisiko bakal memperparah gejala Covid-19 tersebut. Karena, bisa berakibat, setidaknya batuk-batuk, serta iritasi pada tenggorokan.

4. Makanan-minuman kadar gula tinggi

Makanan dalam kategori ini juga terbilang berbahaya. Pasalnya, makanan atau minuman dengan kadar gula berlebih sangat mungkin bisa menekan sistem kekebalan tubuh, karena terjadi peradangan. Bahkan, dari hasil sebuah penelitian, diketahui mengonsumsi dua sampai enam makanan atau minuman manis setiap minggu berpotensi meningkatkan risiko kematian hingga enam persen.

5. Daging merah

Buat Anda yang masih dalam pemulihan makan daging merah sebenarnya sah-sah saja. Apalagi, semua orang pasti tahu bahwa daging merupakan sumber protein berkualitas. Tapi, dalam konteks penyakit corona ini sebaiknya makan daging merah ini dibatasi. Pasalnya, daging ini punya kandungan lemak jenuh tinggi yang berisiko bisa meningkatkan peradangan. Disarankan, untuk mengganti asupan lemak daging merah, bisa mengonsumsi lemak nabati, misal: alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.