Janda Bolong yang Bikin Rumah Lebih Indah dan Prestisius

0
1389
Dok. radarsukabumi.com

Jakarta (Samudranesia) – Rumah yang selalu bikin betah bukan melulu karena arsitekturnya yang keren lo. Tapi, banyak faktor pendukung lain juga bisa nentuin. Satu di antaranya, tanaman hias.  Gak bisa dipungkiri tanaman hias dalam rumah, bukan cuma bisa membuat rumah tambah cantik dan enak dilihat, tapi juga bikin sejuk dan teduh di hati. Gak aneh, kalau rumah-rumah model begini bisa bikin betah.

Lalu, Anda juga mau dong punya rumah dengan nuansa atau gaya model begitu? Pastinya, lagian siapa sih yang gak mau rumahnya tampil oke. Buat bisa begitu gampang banget lo. Tinggal siapkan aja tanaman hiasnya. Tanaman hias yang tentunya punya tampilan cantik, tapi juga punya nilai estetika yang tinggi, plus prestisius. Sebab itu, jangan sampai salah pilih, cari tanaman hias yang benar-benar punya karakter kuat.

Nah, udah jadi rahasia umum, tanaman hias itu berjibun jenisnya. Dan, tiap jenis jelas punya keistimewaan sendiri. Punya daya pikat sendiri yang gak bisa ditemukan pada tanaman hias lain. Salah satu yang punya kriteria macam itu adalah “janda bolong” atau panggilan kerennya monstera. Tanaman hias jenis philodendron ini masuk dalam keluarga Araceae atau talas-talasan. Gak bedanya dengan tanaman hias yang juga terbilang beken aglonema.

Buat mempercantik tampilan rumah Anda, gak salah kalau janda bolong yang dijadikan pilihan. Tanaman hias ini keren banget. Daunnya beragam, dari yang berukuran kecil hingga lebar, plus, berlubang-berlubang pula. Tak heran, jika janda bolong bisa dibilang tanaman hias yang unik. Dan, berkat keunikan itu, tanaman yang berasal dari Negeri Paman Sam ini paling diburu orang dan harganya selangit. Mau tahu lebih jauh janda bolong? Berikut beberapa di antaranya:

1. Monstera deliciosa

Janda bolong yang satu ini daunnya lebar. Motif sobekannya memanjang dari tulang daun dan menganga hingga tepi. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada suhu 20 – 30 derajat celcius. Logis, jika monstera deliciosa bisa hidup di dalam ruangan Keunikan lain, makin tua tanaman ini, warna daunnya akan tambah tua pula. Gak heran, karena kelebihannya jenis monstera deliciosa dianggap paling beken, dan banyak dicari. 

2. Monstera borsigiana

Janda bolong ini ukuran daunnya lebih kecil, bentuknya cenderung oval atau bulat dan selintas mirip dengan jenis deliciosa. Untuk motif sobekan pada daunnya, jenis borsigiana nampak lebih jarang, dan cenderung menjuntai. Kelebihannya, tanaman ini bisa dipastikan mampu memberi nuansa yang teduh dalam ruangan, bila dibiarkan tumbuh tinggi.

3. Monstera varigeata

Janda bolong jenis Monstera varigeata diklaim paling oke. Masuk akal, kalau tanaman hias ini dibanderol harga yang paling tinggi ketimbang jenis lainnya. Lihat aja tampilannya, dari warna daunnya unik, kombinasi hijau dan putih. Kontras, tapi nampak apik banget. Lalu, bentuk daun dan motif sobekannya mirip jenis deliciosa, tapi dengan ukuran agak kecil. Sementara pucuknya cenderung tumpul, mirip-mirip borsigiana.

4. Monstera adansonii

Bentuk daun janda bolong jenis ini sekilas mirip tanaman sirih. Bermotif lubang, ramping dari tulang daun menuju tepi. Dan, gak selalu berbentuk sobekan. Jenis adansonii juga diklaim punya penggemar yang terbilang banyak banget. Sebagai tanaman hias, jenis ini jelas menarik. Warna daunnya gak polos, ada bercak hijau tua dan muda pada permukaan daunnya. Keren kan?

5. Monstera obliqua

Gak kalah cantiknya adalah monstera obliqua. Janda bolong jenis ini mirip banget dengan jenis adansonii. Daunnya punya motif lubang juga. Cuma bedanya, jenis obliqua ini ukurannya lebih lebar ketimbang adansonii. Tapi, tekstur daunnya agak lebih tipis serta lembut. Satu hal yang harus diperhatikan,

monstera ini sejatinya diletakkan di tempat aman. Pasalnya, daun janda bolong tipe ini agak mudah sobek. Dan, karena ukurannya relatif kecil, pas banget jika dijadikan hiasan meja atau rak.

6. Monstera dubia

Gak seperti kebanyakan daun monstera yang selalu bermotif sobekan atau lubang, monstera dubia malah sebaliknya. Daun janda bolong jenis ini benar-benar utuh, tanpa lubang maupun sobekan. Bentuknya gak bedanya dengan sirih, selain ada yang oval, ada pula yang bentuknya panjang. Motifnya cantik, dengan gradasi hijau dan putih, plus tulang daun bercorak hijau yang kuat. (guss)