HUT KKP ke-22, Anggaran Rp 234,3 M Mengucur untuk Masyarakat Kelautan-Perikanan

0
133
Dok Foto: Humas KKP

Jakarta (Samudranesia) – Perayaan Hari Ulang Tahun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang ke-22 berlangsung semarak dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara serentak berpusat di Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Selain peluncuran roadmap ekonomi biru yang menjadi acuan pengelolaan sektor kelautan dan perikanan ke depan, KKP juga melaksanakan pelepasan ekspor, aksi jaga pesisir, penghargaan kepada insan jurnalistik, kegiatan vaksinasi, serta mengucurkan bantuan sebesar Rp234,3 Miliar kepada masyarakat kelautan dan perikanan.

“Untuk pusat kegiatan dilaksanakan di Manggar, Belitung Timur, dilakukan peluncuran roadmap ekonomi biru dimana Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi melalui video menyampaikan dukungannya,” ujar Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Laksda Adin Nurawaluddin, yang juga Ketua Pelaksana HUT KKP ke-22.

Adin menjelaskan bahwa untuk perayaan HUT KKP di Belitung Timur sendiri, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono juga berinteraksi dengan para kepala daerah dan masyarakat yang selama ini menjadi lokasi prioritas pengembangan sektor kelautan dan perikanan.

Selain itu, Menteri Trenggono melaksanakan kunjungan di kampung nelayan maju yang berada di Pulau Buku Limau untuk meninjau pembuatan alat tangkap bubu ramah lingkungan, produk pengolahan hasil perikanan, pengolahan batik ramah lingkungan ecoprinting, penanaman vegetasi pantai dan restocking rajungan, ikan hias dan kakap. Dalam kunjungannya tersebut, Menteri Trenggono juga berinteraksi dengan anak-anak sekolah dasar di Buku Limau.

“Bapak Menteri menyapa langsung warga Buku Limau dan memberikan apresiasi atas kegiatan masyarakat yang berwawasan peningkatan ekonomi dan kelestarian ekosistem sejak usia dini,” kata Adin.

Selain kegiatan di Buku Limau, perayaan HUT KKP ke-22 juga diperingati dengan berbagai kegiatan di berbagai lokasi diantaranya melalui kegiatan pelepasan ekspor sebesar 19.145,3  ton dan 1,2 juta ekor ikan hias  dengan nilai  88,2 juta USD untuk 44 negara tujuan ekspor yang diberangkatkan dari 18 pelabuhan laut dan 15 bandara.

Selain itu dilaksanakan pula kegiatan, bersih pantai, penanaman vegetasi pantai dan sungai diantaranya mangrove, cemara laut dan bambu laut, transplantasi terumbu karang, pelepasan tukik dan kampanye anti destructive fishing. KKP juga memberikan bantuan kepada masyarakat kelautan dan perikanan dengan total nilai mencapai Rp234,3 Milar.

“Selain kegiatan-kegiatan lapangan, KKP juga mengucurkan bantuan untuk meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan,” terang Adin.

Sementara itu, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik yang juga Wakil Ketua Pelaksana, Doni Ismanto juga menjelaskan bahwa selain untuk masyarakat kelautan dan perikanan, HUT KKP juga dirayakan dengan memberikan penghargaan kepada insan jurnalistik yang selama ini telah berperan besar dalam upaya pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Doni menjelaskan bahwa KKP memberikan penghargaan kepada sejumlah awak media yang mengikuti lomba dengan berbagai kategori.

“Ini juga bagian dari apresiasi kepada insan pers yang tentu selama ini telah banyak berperan dalam membesarkan KKP,” ujar Doni.

Untuk diketahui, perayaan HUT KKP ke-22 dilaksanakan pada 26 Oktober 2021 di Manggar, Belitung Timur. Dalam perayaan tersebut  dilakukan Peluncuran Ekonomi Biru, Laut Sehat, Indonesia Sejahtera oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan peta jalan pembangunan kelautan dan perikanan dengan berbagai program terobosan selama 25 tahun ke depan, di mana ekonomi biru menjadi konsep dalam pembangunan kelautan dan perikanan yang mengedepankan keseimbangan ekologi, sosial dan ekonomi. (*)