Hebat! Pelindo IV Miliki Kapal Pengangkut Sampah Laut

0
780
Dok. Pelindo IV

Makassar (Samudranesia) – Pelindo IV memberikan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan perairan di sekitar lingkup kerjanya. Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) ini meresmikan 1 unit kapal pengangkut sampah.

Kapal pengangkut sampah ini, menurut Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang, dibuat dengan bekerjasama dengan PT Tesco Indomaritim, salah satu perusahaan pembuat kapal di Indonesia.

Kapal yang diberi nama KM Skimmer ini, menurut Farid, akan beroperasi untuk membersihkan dan mengangkut sampah-sampah yang terdapat di perairan  sekitar Pelabuhan Makassar. Mulai dari Dermaga Hatta Ujung, Dermaga Hasanuddin, Dermaga Soekarno, perairan depan Pertamina hingga Pelabuhan Paotere Makassar.

Selanjutnya, akan selalu ada kru yang menjada di atas kapal setiap hari. KM Skimmer sendiri memiliki kapasitas angkut sampah 3 hingga 5 ton.

“Rencananya, secara bertahap kami juga akan mengadakan lagi kapal pengangkut sampah untuk kebersihan laut di pelabuhan kelolaan lain. Agar laut di sekitar pelabuhan bersih dari sampah plastik yang berserakan,” kata Farid melalui keterangan resminya, Kamis (30/1).