Hadirkan Para Pakar, Seskoal Gelar FGD Manajemen, Operasi, IPTEK dan Kejuangan

0
42
Dok Foto: Bagpen Seskoal.

Jakarta (Samudranesia) – Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bidang Manajemen, Operasi, Ilmu Pengetahuan (Iptek) dan Kejuangan TA 2021 secara virtual dan tatap muka, yang dibuka langsung oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han), bertempat di Amphiteater Samadikun Seskoal, Cipulir Jakarta Selatan, Rabu (07/04).

Dalam sambutannya, Danseskoal mengatakan FGD yang dilaksanakan ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan berdasarkan Program Kerja Seskoal TA 2021, sebagai salah satu wadah bagi para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021, peneliti dan dosen dalam menyampaikan gagasan akademis untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan.

Lebih lanjut, Danseskoal menyampaikan bahwa tema yang dirumuskan dalam FGD ini sebagai suatu hal penting yang menjadi perhatian yaitu dengan mengikuti perkembangan lingkungan strategis yang menggambarkan kecenderungan secara global, regional dan nasional yang semakin dinamis dan kompleks.

“Melalui kegiatan FGD ini akan diperoleh tambahan wawasan dan pemahaman bersama sesuai dengan tema FGD setiap bidang, sehingga dapat menjadi dasar untuk berpikir dan bertindak dalam melaksanakan tugas ke depan,” harap Komandan Seskoal.

Adapun pelaksanan FGD ini diikuti Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 sesuai dengan bidang tesisnya masing-masing yaitu bidang Manajemen, Operasi, Iptek dan Kejuangan.

Untuk FGD Bidang Manajemen dilaksanakan di Amphiteater Samadikun Seskoal, dengan tema “Prospektif Pengembangan Sumber Daya Di Laut Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Rangka Mewujudkan TNI AL Dalam Rangka Mewujudkan TNI AL yang Profesional, Modern dan Tangguh”. Menghadirkan narasumber secara virtual yaitu Asrena Kasal Laksamana Muda TNI M.Ali., S.E., M.M., yang diwakili Paban 2 Manajemen Staf Srena Kasal Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono, S.E., Dosen Tetap Departemen Manajemen FEB UI Budi Widjaja Soetjipto, Ph.D., dan Kadisinfolahtal Laksamana Pertama TNI Aria Cakra Wibawa, M.A., GDAIS.

Kemudian, FGD Operasi dilaksanakan di Amphiteater Pusoyu Seskoal, dengan tema “Menyikapi Aktivitas Milter Asing di Wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia” menghadirkan narasumber secara virtual dan tatap muka antara lain Dirjen Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Kementerian Luar Negeri RI Bebeb A.K.N. Djunjunan, S.H., LL.M., Danguspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Dato Rusman S.H., S.E., M.Si., dan Kadiskum AL Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, S.H., LL.M., Ph.D.

Selanjutnya FGD Iptek dilaksanakan di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal bertemakan “Unmanned Underwater Vehicle (UUV) Peluang dan Ancaman Bagi Pertahanan Indonesia”, menghadirkan narasumber secara virtual yaitu Senior Research Scientish Institut Teknologi Bandung Ir. Dwi Susanto, PhD., dan Professor Meteorology and Climatology BPPT Prof. Dr. Edvin Aldrian, B.Eng., M.Sc.

Sedangkan FGD Kejuangan dilaksanakan di Kelas B Gedung R.E. Martadinata Seskoal dengan tema “Pemimpin Yang Berkarakter dan Visioner Mewujudkan Indonesia Maju”, menghadirkan narasumber secara virtual yaitu Senior Adviser Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D., IPU., dan Deputi V Staf Kepresidenan RI Dra.Jaleswari Pramodhawardani, M.Hum.

Acara yang diselenggarakan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Seskoal dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dalam rangka mendidik dan melatih prajurit matra laut yang unggul, maju dan professional sesuai dengan program prioritas dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Turut hadir dalam acara ini baik secara virtual maupun tatap muka, Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla, Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)., Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A.,CHRMP., Sekretaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA.,para Pejabat Utama serta para Dosen dan Patun Seskoal. (*)