Gunung Padang dan Misteri Batu Bersuara

0
166
Salah satu sisi situs Gunung Padang. Dok. indonesiakaya.com

Cianjur (Samudranesia) – Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat memiliki beragam keunikan dan misteri yang menarik untuk diteliti. Apa saja?

Piramida memang menjadi sebuah peninggalan peradaban Mesir kuno yang monumental. Lihat saja bentuknya, unik dan sangat tak biasa, serta pastinya langka. Malah, bisa jadi gak bakal ada bangunan sejarah yang serupa di tempat lain di dunia. Tak aneh, jika melihat ini banyak yang punya asumsi tentang situs ini sangat tua umurnya. Malah, tak sedikit yang beranggapan piramida merupakan bangunan sejarah yang paling tua di dunia.

Tapi, tahukah Anda kalau semua asumsi itu ternyata nggak benar? Justru masih ada situs yang jauh lebih tua dari piramida. Dan, keberadaannya pun bukan di Mesir loh, tapi di negeri kita sendiri. Namanya,  situs Gunung Padang. Situs ini bukan cuma menawarkan bentuk-bentuk bangunan dari zaman megalitik yang khas dan artistik, tapi ada suguhan menarik dari alam sekitarnya. Suguhan khas yang bisa dinikmati di Gunung Padang, berupa batu yang tersusun dalam berbagai bentuk yang unik. Jadi, sambil menikmati karya seni zaman megalitik itu, Anda akan disuguhi panorama alam yang eksotik.

Bisa dipastikan bertandang ke Gunung Padang bakal sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, sambil wisata, Anda bisa memperluas cakrawala pengetahuan tentang sejarah. Bahkan, bukan cuma sejarah, dari situs ini bisa pula diungkap pelajaran lain, seperti: sosiologi, arkeologi, antroologi dan geologi. Yang pasti, tak sedikit pengetahuan yang bisa diserap dari situs yang diperkirakan dibangun pada rentang 28.000 SM – 8.000 SM ini. Satu strata usia yang jelas sangat tua, jauh melebihi situs piramida di Mesir yang dibangun sekitar 2500 SM.

Pokoknya, dijamin Anda akan puas. Apalagi didukung dengan udaranya yang begitu sejuk. Logis, karena lokasi situs ini berada pada ketinggian 885 mdpl. Lalu, situsnya itu sendiri pun terbilang cukup luas, 900 m persegi, dan berada di area seluas 3 ha. Bukan tak mungkin, kalau di sini Anda akan betah berlama-lama. Sebab, nuansanya bukan cuma bikin teduh di mata, tapi juga di hati.

Sensasinya bukan cuma itu loh, Situs Gunung Padang juga menawarkan keunikan yang bisa jadi gak bakal Anda temui di tempat lain. Keunikan itu salah satunya adalah tak sedikit batu yang ada ternyata bisa bunyi. Aneh dan unik kan? Batu yang begitu keras, tapi bisa mengeluarkan bunyi-bunyian, kalau dipukul pada beberapa bagiannya. Jadi, sebagian bebatuan yang berjenis andesit dan basaltis dan sebagian berwarna merah dan abu-abu gelap ini tak ubahnya seperti alat musik, dengan ciri khas nada tertentu.

Hal yang juga tak biasa, sekaligus terbilang aneh muncul pula pada bebatuan di Situs Gunung Padang ini. Batu-batu tersebut diklaim mampu menjadi penghantar listrik. Keanehan ini diketahui setelah bebatuan tersebut tertangkap radar. Selain itu, dari hasil penelitian di area situs ini ditemukan sejumlah hal yang mencengangkan. Yakni, terdapat semacam bilik atau chamber, lalu juga cawan raksasa dan mata air, kubah, menara dan aquifer, plus transmitter.

Situs yang berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur ini, harus diakui merupakan mahakarya megalitik tertua di dunia. Dan, setelah diidentifikasi situs Gunung Padang ini tak lain adalah sebuah kuil kuno yang tersusun atas lima teras. Teras atau puncak yang tertinggi diyakini sebagai tempat bersemedi. Lalu, masih di sekitar area situs, tak jauh dari pintu masuk, Anda akan menemukan sebuah sumur yang diklaim punya kekuatan mistis, namanya Sumur Kahuripan. Salah satu kelebihan dari sumur ini adalah tak pernah mengalami kekeringan meski di saat musim kemarau panjang sekalipun.