Genting Cruises Lines Berlayar Perdana ke Surabaya

0
342
Kapal pesiar Genting Cruises saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, 11 Desember 2017.

Dimulainya rute Kapal Pesiar Genting Dream dari Singapura menuju Surabaya pada 11 Desember 2017 cukup membuat lega Tri Rismaharini, walikota Surabaya. Menurut Risma, sebelum memasuki tahun 2017, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara di kotanya bisa mencapai 16 juta orang. “Namun sampai dengan awal Desember 2017, kunjungan wisman ke Surabaya sudah di atas 24 juta orang,” katanya.

Kunjungan kapal pesiar ke Surabaya dalam dua tahun ini meningkat cukup tajam. “Jika biasanya dalam satu tahun hanya dua sampai tiga kali, tapi selama dua tahun terakhir ini sudah ada 6 kali kunjungan,” jelasnya.

Peningkatan juga terasakan dengan meningkatnya pendapatan devisa Pemkot Surabaya dari sektor pariwisata. “Tahun lalu kami menargetkan sektor ini bisa menghasilkan devisa hingga Rp 200 miliar saja dari pajak pendapatan hotel dan restoran,” ujarnya. “Namun kini angkanya sudah mendekati Rp 1 triliun.”

Risma mengakui jika dalam masa kepemimpinannya, ia berkonsentrasi pada sektor perdagangan dan jasa, termasuk sektor pariwisata. “Karena itu saat ini kami sedang fokus meningkatkan kualitas destinasi wisata di Surabaya untuk lebih banyak menarik jumlah kunjungan wisatawan,” katanya.

“Untuk pelayaran perdana ke Surabaya ini kami datang dengan membawa 2.561 penumpang,” kata Thatcher Brown, Presiden Dream Cruise. Menurut, Brown keputusan Dream Cruise untuk membuka rute pelayaran ke Surabaya didasari oleh tingginya permintaan pasar penumpang Dream Cruise terhadap kota ini. “Didukung juga dengan pengetahuan Surabaya sebagai kota pahlawan yang menyimoang banyak cerita bersejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi.”

Genting Dream merupakan salah satu  kapal pesiar terbesar di dunia. Dioperasikan khusus untuk destinasi di wilayah Asia, kapal ini memiliki panjang 335 meter dan lebar 40 m. Memiliki 18 dek bertingkat dengan 1000 kamar tersedia, total kapasitas penumpang yang bisa diangkut kapal ini mencapai 5000 penumpang.

Dalam jangka waktu satu tahun, Genting Cruises Lines akan menyinggahi  di Surabaya sebanyak 24 kali, atau 2 kali selama sebulan pada minggu genap.  Setelah Surabaya, kapal mewah se-Asia ini akan berlayar ke Celukan Bawang, Bali Utara.

Dari Singapura, Genting Cruises Lines akan mengangkut wisatawan asing. Sementara dari Surabaya dan Bali akan membawa wisatawan asing dan domestik yang ingin berlibur ke Singapura. Dengan kapasitas 4000-4500 wisatawan, pihak Genting  menargetkan sekira 900 wisatawan berasal dari Indonesia dan sisanya wisatawan Internasional.