Garuda Indonesia Buka Direct Flight Mumbai-Bali

0
289

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia secara resmi membuka rute penerbangan langsung  Mumbai (India)-Bali medio April 2018 lalu. Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengapresiasi langkah ini yang menurutnya bisa mendorong target kunjungan 700 wisatawan mancanegara asal India ke Indonesia pada 2018.

Melalui siaran persnya, Menpar Arief juga menyebutkan bahwa selama ini promosi tentang keindahan Bali di India sudah cukup banyak. Belum lagi kekedekatan serta kemiripan budaya antara India dan Bali bisa menjadi daya tarik wisman India untuk ke Bali.

Namun selama bertahun-tahun, jarak antara kedua lokasi ini belum terkoneksi secara langsung. Pada tahun 2016, penerbangan India-Indonesia sebenarnya sudah dibuka oleh Garuda. Namun rute yang dilayani bukan penerbangan langsung. Pesawat harus transit terlebih dahulu di Bangkok, Thailand.

“Untuk 2018, saya telah menetapkan target, setidaknya sebanyak 700 ribu kunjungan wisatawan India. Ini adalah target besar. Sebab, tahun 2017 kita menerima sekitar 485 ribu pengunjung India. Namun kami sangat optimis tahun ini mencapai target,” katanya.

Menurut Menpar Arief, rasa optimis ini bukanlah hal yang berlebihan jika melihat pasar pariwisata di India yang mencapai pertumbuhan 30 persen dibandingkan dengan 2016, dan merupakan tertinggi kedua setelah China.

Dari jumlah total kunjungan wisman India ke Indonesia, pada angka sementara tahun 2018 mencapai 87 ribu. Lebih tinggi dari jumlah wisman Jepang atau Korea yang mencapai 74 ribu (Jepang) dan 763 ribu (Korea).