Ditemukan Kapal Kuno dari Era Romawi

0
1005
blackseamap.com

Tim penelitian perubahan iklim malah menemukan 60 kapal Romawi, Bizantiun, dan Ottoman kuno yang diperkirakan berusia 2500 tahun di dasar Laut Hitam, Bulgaria. Demikian dikutip dari NBC News, Senin (25/9).

Menurut laporan yang dirilis pada 22 September 2017 lalu, Jon Adams, arkeolog dari University of Southampton yang memimpin penelitian, menyebut jika hasil temuan ini merupakan bukti arkeologi maritim  terbesar yang pernah ditemukan. Kapal tertua diperkirakan berasal dari 400 hingga 500 sebelum Masehi.

“Kami sedang mengeksavasi  kolekso ‘museum’ dari dasar laut,” ujar Adams. Bangkai-bangkai kapal kuno ini, menurut para peneliti masih memiliki tiang-tiang yang kokoh dan kemudi yang masih utuh. Tim juga menemukan ukiran khas seperti pada hari pembuatannya. “Kondisi bangkai kapal di bawah sedimen ini struktural kayunyamasih  terlihat bagus seperti baru.”

Dari beberapa bangkai, menurut peneliti, terlihat beberapa fitur dserta peralatan structural yang belum pernah ditemukan sebelumnya. “Bangkai-bangkai kapal ini periode Romawi, Bizantium, dan masa penjajahan Yunani kuno,” jelas  Kalin Dimitrov, Direktur Pusat Arkeologi Bawah Air di Sozopol, Bulgaria. Menurutnya, temuan ini bisa membuat penulisan ulang tentang sejarah kapal kuno.

Tim Proyek Arkeologi Maritim Laut Hitam sedianya sedang melakukan penelitian tentang perubahan iklim. Terutama mengenai dampak perubahan air laut terhadap siklus glacial.