Cupang Avatar, Ciri-ciri dan Asal Usul Indukannya

0
25551

Salah satu jenis ikan cupang yang sedang banyak digandrungi oleh penghobi saat ini adalah jenis cupang avatar. Sepanjang pertengahan tahun 2020 hingga awal 2021, jenis ikan cupang ini terus menjadi incaran para kolektor ikan cupang. Bahkan jenis ikan cupang ini disebut-sebut sebagai ikan cupang dengan kasta tertinggi di kalangan pecinta ikan cupang. Maklum, selain harganya yang cukup mahal, ternyata warna ikan cupang ini sangat istimewa.

Ikan cupang avatar sebenarnya merupakan hasil dari perkawinan silang berbagai jenis ikan cupang, sehingga menghadirkan warna dan corak yang menarik. Yang paling sering digunakan adalah indukan cupang plakat. Alasannya, jenis cupang ini paling gampang dibudidayakan dalam hal mengkombinasi warnanya dibanding dengan Halfmoon.

Namun proses pengawinannya tak mudah. Banyak penghobi yang coba-coba pada akhirnya gagal. Karena sulitnya proses kawin silang ini  tak heran jika di pasaran, ikan cupang avatar dibanderol cukup mahal. Harga yang beredar di pasaran berkisar antara  Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Tergantung pada corak warna dan ukurannya.

Tak hanya itu, dalam segi perawatan, ikan cupang avatar ini ternyata tak mudah. Kelembapan (pH ) air dan kualitas indukan menjadi hal penting agar bisa menghasilkan anakan dengan kualitas sesuai permintaan pasaran.

Asal usul nama

Banyak yang bingung darimana munculnya jenis-jenis nama ikan cupang. Menurut banyak penghobi, nama ikan cupang di Indonesia lebih banyak dimunculkan dari para pembeli atau seller. Mereka biasanya melihat corak warna atau bentuk sirip dari ikan cupang. Cupang halfmoon, misalnya, dinamakan demikian karena memiliki bentuk sirip belakang yang menyerupai bulan setengah lingkaran (halfmoon).

Lalu cupang hellboy yang muncul lantaran memiliki bentuk warna seperti tokoh utama film HellBoy, yaitu didominasi dengan warna merah dan hitam.

Bagaimana dengan cupang avatar? Di luar negeri, cupang ini sebenarnya lebih banyak dikenal dengan nama cupang galaxy. Karena corak warnanya yang menyala yang konon menyerupai warna langit malam dengan kerlap-kerlip titik-titik bintangnya.

Di Indonesia diberi nama cupang avatar karena konon kala melihat cupang jenis ini mengingatkan kita pada film Avatar garapan Stephen Spielberg yang pernah tenar di kisaran awal tahun 2000an lalu.

Ciri-ciri

Cupang avatar sebenarnya mudah dikenali dari ciri-ciri badannya yang hanya didominasi oleh dua warna. Biasanya jenis cupang ini memiliki warna dasar hitam dengan totol-totol biru. Namun dengan semakin mahirnya para breeder dalam melakukan kawin silang maka ciri cupang avatar tak lagi didominasi oleh warna-warna hitam bertotol biru saja.

Beberapa breeder berhasil menciptakan ikan cupang dengan warna hitam kombinasi biru flat (bukan berupa totol-totol). Ikan dengan ciri ini kemudian memiliki nama sendiri, yaitu Blue Black Light (BBL). Namun tetap saja ada yang menyebutnya avatar.

Jika Anda sedang mencari ikan avatar dari pasar luar negeri, coba cari dengan nama Black Star galaxy. Karena nama inilah yang paling umum digunakan di luar negeri untuk jenis ikan cupang tersebut. Selamat berburu!