Cegah Abrasi, Terminal Teluk Lamong Tanam Cemara Laut

0
164
Penanaman cemara laut oleh Terminal Teluk Lamong. Dok: Humas Terminal Teluk Lamong.

Gresik (Samudranesia) – Sebagai langkah mencegah abrasi, Terminal Teluk Lamong bersama anak usahanya, Lamong Energi Indonesia, melakukan penanaman ratusan cemara laut. Selain sebagai upaya pelestarian lingkungan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan bulan K3 Nasional 2021.

“Cemara laut sangat cocok untuk menjaga kelestarian lahan terutama daerah pesisir karena mampu menahan angin dan uap air laut sehingga sengaja kami tanam di sekitar area terminal,” ujar Direktur Keuangan, SDM dan Umum Terminal Teluk Lamong, Wahyu Widodo, Sabtu (13/2).

Wahyu menambahkan, cemara laut merupakan jenis tanaman khas pantai yang mudah tumbuh dan sangat mendukung konsep Terminal Teluk Lamong sebagai pelabuhan ramah lingkungan melalui penghijauan area terminal.

Tumbuhan cemara laut merupakan jenis tanaman khas pantai untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah pantai. Jumlah cemara laut yang ditanam sebanyak 171 pohon dengan ketinggian 2-2,5 meter dan tersebar di beberapa area terminal.

Sejauh ini, cemara laut merupakan tanaman yang dapat tumbuh di hampir seluruh pesisir. Tanaman ini dapat menahan tiupan angin kencang, hempasan ombak laut, hingga terpaan pasir yang berada di sekitar pantai.

Wahyu berharap kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan melalui penanaman cemara laut di area sepanjang pesisir utara Surabaya yang berpotensi mengalami gelombang pasang dan banjir rob.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa memberikan perbaikan bagi kelestarian dan keberlangsungan lingkungan hidup” harapnya.

Lebih lanjut Wahyu menambahkan bahwa Terminal Teluk Lamong akan menjaga dan merawat pertumbuhan cemara laut di area terminal secara konsisten sehingga manfaat tumbuhan ini dapat terus dirasakan bukan hanya oleh pegawai namun pengguna jasa dan masyarakat sekitar perusahaan. (*)