Cara Membersihkan Mesin Cuci Anda dengan Benar

0
427

Gaya Hidup (Samudranesia) – Mesin cuci adalah salah satu alat elektronik yang digunakan oleh banyak orang. Alasan mengapa banyak orang menggunakan mesin cuci adalah karena dianggap dapat menghemat waktu dalam mencuci, dapat mengurangi kerusakan pada pakaian, mampu mengeringkan pakaian menjadi lebih cepat dan dapat mencuci pakaian yang banyak.

Manfaat luar biasa dari mesin cuci ternyata harus dibarengi dengan kebersihannya. Bila Anda tidak membersihkan alat elektronik ini,  maka akan menyebabkan kerusakan yang lebih cepat dan membuat hasil cucian menjadi tidak maksimal. Inilah mengapa mesin cuci harus dibersihkan secara berkala.

Bila Anda ingin tahu bagaimana cara membersihkan mesin cuci yang Anda miliki, artikel ini akan membahas cara membersihkan mesin cuci Anda dengan benar berdasarkan jenis mesin cuci yang digunakan oleh khalayak umum. Beberapa di antaranya adalah:

1. Untuk Mesin Cuci Dua Tabung

Mesin cuci 2 tabung juga wajib untuk dicuci, baik tabung pencuci maupun tabung pengering. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan mesin cuci ini adalah:

A. Untuk Tabung Pencuci

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mencuci tabung pencuci terlebih dahulu dengan menggunakan pemutih.

Sebelum menuangkan pemutih, pertama-tama taruh air hangat ke dalam mesin cuci, kemudian campurkan cairan tersebut.

Setelah itu nyalakan mesin cuci supaya pemutih dan air hangat bercampur jadi satu. Langkah terakhir, buang air dalam mesin dan biarkan hingga mengering.

B. Untuk Tabung Pengering

Setelah tabung pencuci sudah bersih, kini Anda harus mencuci tabung pengering. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menaruh handuk di dalam mesin pengering, kemudian nyalakan mesin selama 15 menit dan tunggu hingga mesin pengering bersih dari noda.

Bila Anda ingin mencuci mesin pengering secara lebih dalam, Anda juga bisa menggunakan mesin penyedot debu di dalam mesin ini.

2. Untuk Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci front loading adalah mesin cuci bukaan depan. Cara membersihkan mesin cuci ini adalah:

A. Pastikan Mesin Cuci dalam Keadaan Kosong

Cara pertama adalah kosongkan mesin cuci. Kemudian masukan air panas dan jalankan pencucian agar dapat menghilangkan sisa busa dan detergen dalam mesin cuci.

B. Masukan Cuka Putih

Setelah memasukan air panas, langkah selanjutnya adalah dengan  memasukan kembali air panas dan 2 cangkir cuka putih sambil menyalakan mesin. Ini bertujuan untuk menghilangkan bau di dalam mesin.

C. Bersihkan Laci Mesin

Ketika mesin cuci sudah bersih dan air cucian sudah dibuang, langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan laci. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melepas laci mesin  dan bersihkan dengan detergen.

D. Lap dan Keringkan Mesin Cuci

Cara selanjutnya adalah dengan lap mesin cuci. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan lap yang sudah diberi air hangat pada bagian luar dan bagian dalam.

Setelah itu masukan handuk dan nyalakan mesin cuci supaya kering dengan maksimal.

3. Untuk Mesin Cuci Top Loading

Mesin top loading adalah mesin cuci 1 tabung yang memiliki pintu bagian atas. Cara membersihkannya adalah:

A. Nyalakan Mesin

Pertama-tama nyalakan mesin. Setelah itu tambahkan air hangat dan biarkan beroperasi.

B. Masukan Soda Kue dan Cuka

Langkah selanjutnya adalah masukan 60 gram soda kue dan 750 ml cuka. Biarkan larutan tersebut menyatu dan diamkan selama 30 menit hingga 1 jam.

C. Nyalakan Kembali Mesin Cuci

Setelah dinding dalam mesin cuci sudah terendam dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah hidupkan mesin cuci.

D. Bersihkan Bagian Dalam dan Bagian Luar Mesin Cuci

Langkah terakhir adalah matikan mesin. Setelah itu bersihkan sisa air di dinding mesin dengan menggunakan handuk dan campuran air panas dan cuka. Kemudian lap bagian luar mesin cuci serta langit-langitnya.

Setelah Anda mengetahui cara membersihkan mesin cuci sesuai dengan jenis mesin cuci yang Anda miliki, kini saatnya Anda harus mengetahui cara merawat mesin cuci dengan benar.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah dengan selalu bersihkan mesin cuci dengan menggunakan kain yang lembut, bersihkan bagian mesin cuci yang selalu dialiri oleh air supaya tidak berlumut, bersihkan filter mesin cuci dengan minimal satu kali dalam seminggu, dan terakhir pastikan matikan mesin atau stop kontak setelah Anda menggunakan mesin cuci.

Demikian cara membersihkan mesin cuci Anda dengan benar, semoga mesin cuci Anda dapat bersih dan membuat mesin cuci yang Anda miliki tetap awet dan tahan lama. Selamat mencoba!