Buka Susjemenstra, Danseskoal: Pasis Harus Miliki Visi Jauh Ke Depan

0
50
Dok Foto: Bagpen Seskoal.

Jakarta (Samudranesia) – Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-16 TA 2022 di Auditorium Jos Soedarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Salatan, Selasa (30/03).

Pendidikan Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-16 TA 2021 yang diikuti oleh 45 Perwira Siswa, yang terdiri dari Korps Pelaut 4 orang, Korps Teknik 7 Orang, Korps Elektronika 1 Orang, Korps Suplai 9 orang, Korps Marinir 1 Orang, Korps Kesehatan 10 Orang, Korps Khusus 8 Orang dan Korps Polisi Militer TNI AL (Pomal) 5 Orang. Sesuai rencana pendidikan Susjemenstra TNI AL ini akan dilaksanakan selama kurun waktu empat bulan kedepan ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang selaras dengan program Prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Dalam sambutannya, Danseskoal menyampaikan bahwa Kursus Manajemen Strategik TNI AL merupakan wahana pengembangan dan pematangan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para perwira yang diorientasikan kepada upaya untuk mampu menyiapkan informasi kepada atasan secara cermat dan benar.

“Pasis harus mampu menyiapkan rencana pembinaan dan penggunaan kekuatan, serta mampu menjabarkan setiap keputusan dan rencana tugas ke dalam rencana kegiatan maupun pelaksanaanya serta memperluas cakrawala pandang dan mempertajam kemampuan analisis yang memiliki visi jauh ke depan,” ujarnya.

Sambung dia, Seskoal sebagai Center of Excellence On Naval and Maritime Science dengan peran,tugas dan fungsinya dalam penyelenggaraan Kursus Manajemen Strategik TNI AL, berkewajiban untuk mendidik, membekali dan memantapkan para Perwira Menengah (Pamen) TNI AL terpilih untuk disiapkan menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang berjiwa pejuang Sapta Marga, memiliki kesegaran jasmani yang baik, serta profesionalisme matra laut yang mampu mengemban tugas-tugas sebagai Perwira Staf Khusus.

Di akhir amanatnya Danseskoal memberikan beberapa penekanan kepada para Pasis Susjemenstra TNI AL di antaranya Pertama, manfaatkan waktu selama mengikuti pendidikan sebaik-baiknya secara aktif, dewasa dan mandiri dalam menggunakan setiap kesempatan guna meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan sebagai bekal penugasan yang akan datang.

“Kedua, Optimalkan segala kemampuan dengan senantiasa membudayakan pola kerja keras serta berfikir cerdas agar mampu berprestasi dan berhasil menjadi Perwira yang memiliki tingkat kemampuan profesi yang tinggi, antisipatif, dan adaptif terhadap dinamika perkembangan lingkungan strategis serta dapat mengembangkan kemampuan untuk menjadi lebih kreatif, inovatif dan proaktif dalam mengatasi berbagai permasalahan sehingga dapat mengambil keputusan secara cermat, cepat dan tepat,” tegasnya.

Kemudian ketiga, kejujuran sebagai syarat utama dalam melaksanakan setiap tugas, upayakan para Pasis tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji, berlatihlah berfikir strategis, bersikap dan bertindak bijaksana, mampu mengatur sumber daya dengan baik dan optimal.

“Dan keempat, jalin kerja sama yang positif antar pasis, jaga kekompakan dan pererat rasa kebersamaan dan kekeluargaan,” bebernya.

Usai Upacara Pembukaan, Danseskoal juga memberikan pembekalan kepada para Perwira Siswa (Pasis) Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-16 TA 2021, bertempat di Kelas B Gedung R.E.Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (30/03).

Dalam pembekalannya, Danseskoal mengatakan bahwa pendidikan merupakan bagian terpenting dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam mewujudkan cita-cita nasional sesuai dengan amanat Pembukaan UUD RI Tahun 1945 dan visi pemerintah bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul akan menjadi prioritas utama dengan membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Melalui proses belajar mengajar yang baik dan benar, diharapkan dapat menghasilkan sosok prajurit TNI AL yang professional, bermoral dan dapat mengambil keputusan dengan cepat, tepat dan benar,” ujar Danseskoal.

Pada Misi TNI AL yang pertama yaitu mewujudkan prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional, tangguh dan berkarakter.

“Ini sesuai arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa jadilah Pemimpin yang seutuhnya. Bila tidak utuh,maka hanya menjadi “Pemimpi” huruf “N” pada kata Pemimpin dapat diartikan bahwa seorang pemimpin harus memiliki Nyali, Nalar dan Nurani,” tegasnya lagi.

Lebih lanjut dikatakan Danseskoal dalam pembekalannya,Seskoal telah menetapkan visi menjadikan Program Studi Strategi Operasi Laut sebagai program Studi Unggulan dan terdepan yang berstandar Nasional dan Internasional serta menjadi Center Of Excellence On Naval and Maritime Science untuk mewujudkan Perwira Menengah (Pamen) TNI Angkatan Laut yang professional, tangguh dan berkarakter.

“Pencapaian visi tersebut telah dijabarkan dalam enam Misi salah satunya mendidik, membekali dan memantapkan Pamen TNI Angkatan Laut dengan keilmuan di bidang keangkatan lautan dan kemaritiman terkini,” bebernya.

“Para Pasis Susjemenstra TNI AL disini diarahkan untuk mampu berfikir logis, strategis dan paradigmatis dengan menggunakan alur pemikiran yang didasari pada landasan filosofi Pancasila dan landasan konstitusi UUD RI 1945, landasan teori bidang keilmuan berkaitan dengan hal tersebut, diharapkan kajian-kajian aspek pertahanan matra laut, Taskap, Taskapok, hasil seminar dan produk-produk akademis lahir dari Seskoal ini, untuk selanjutnya dirumuskan sebagai kontribusi positif bagi TNI Angkatan Laut, TNI maupun pemerintah,” terang Danseskoal.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla, Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han), Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A.,CHRMP., Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA., dan para Pejabat Utama Seskoal. (*)