Budget Hotel: Apa Bedanya dan Benarkah Lebih Murah?

0
248

Destinasi (Samudranesia) – Anda mungkin sering mendengar istilah budget hotel atau hotel budget saat merencanakan liburan namun belum bisa membedakan dengan hotel umum lainnya. Biar tak salah pilih, simak penjelasan artikel berikut, ya.

Bagi yang tak paham, budget hotel sering dikatakan sebagai hotel murah, namun sebenarnya definisi tersebut tidak tepat juga. Budget Hotel sebenarnya merupakan istilah untuk hotel yang hanya memberikan layanan standar yang memang benar-benar diperlukan oleh tamu. Istilah standar dalam budget hotel ini bukan berarti murahan atau seadanya.

Dari sisi bangunan, hotel jenis ini biasanya lebih minimalis dan sederhana dengan tidak banyak memiliki ruang atau fasilitas yang memang tidak dibutuhkan oleh banyak tamu. Beberapa budget hotel bahkan hanya memiliki fasilitas publik berupa tempat parkir kendaraan saja. Fasilitas gym atau kolam renang kadang sulit dijumpai di beberapa hotel ini. Jika pun ada, biasanya akan digunakan biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Meski sederhana, manajemen hotel tetap serius memperhatikan estetika dan kebersihan lingkungan. Manajemen yang dilakukan pun manajemen profesional. Barang-barang yang disediakan juga tergolong berkelas. Ini yang membedakan hotel jenis ini dengan hotel melati atau hotel murah lainnya.

Layanan standar juga terlihat dari fasilitas kamar dan guest amenities yang terbatas, seperti AC, tempat tidur standar untuk dua orang, di kamar mandi tidak disediakan handuk bahkan peralatan mandi lainnya seperti sabut, pasta dan sikat gigi. Tamu yang membutuhkan guest amenities tersebut akan dikenakan biaya tambahan.

Harga lebih murah

Banyak yang berpikir jika hotel budget memiliki harga lebih murah ketimbang hotel lainnya. Dihilangkannya beberapa fasilitas serta guest amenities memang memangkas biaya yang dibebankan ke tamu.  Asal Anda tahu, biaya sewa kamar yang kita bayar saat menginap di hotel konvensional umumnya memang sudah mencakup biaya sewa fasilitas kolam renang, gym, atau room service. Artinya, pun ketika Anda tidak membutuhkan fasilitas-fasilitas tersebut Anda tetap membayarnya.

Ini bedanya hotel budget dengan hotel lainnya, Anda hanya membayar apa yang Anda gunakan saja. Di kamar mandi memang tidak disediakan handuk dan peralatan mandi lainnya, namun Anda bisa mendapatkannya dengan membayarnya. Artinya uang yang harus Anda keluarkan untuk biaya menginap di hotel tersebut akan menjadi lebih besar.

Pilih mana

Jika Anda bingung antara memilih hotel, cara yang paling mudah adalah dengan merinci apa yang Anda butuhkan dari hotel tempat Anda menginap saat liburan atau tugas kerja. Jika Anda adalah tipe orang yang hanya menganggap hotel hanya sebagai tempat tidur dan mandi, budget hotel adalah pilihan tepat.

Namun jika Anda tipe orang yang menganggap hotel adalah rumah kedua di mana Anda membutuhkan banyak fasilitas yang ingin digunakan maka hotel konvensional adalah pilihan terbaik.