Bertemu Pengurus AKUMANDIRI, Menteri Yasonna Komitmen Bantu Ekonomi Kerakyatan

1
790
Menkumham Yasonna Laoly berbincang dengan Ketua Umum AKUMANDIRI Hermawati Setyorinny.

Jakarta (Samudranesia) – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menerima Dewan Pengurus Pusat Assosiasi IUMKM Indonesia (AKUMANDIRI) dalam rangka audiensi terkait dengan pengembangan Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kantor Kemenkumham, Jakarta, Rabu (15/1).

Dalam pertemuan tersebut, Menkumham menyambut baik dan mengapresiasi AKUMANDIRI dalam membantu kebutuhan industr dan UMKM di Indonesia. Menkumham langsung membantu berkoordinasi menyambungkan dengan Menteri Koperasi dan UKM RI.

“Pak Menteri Koperasi dan UMKM punya program bantuan tidak hanya koperasi. Itu disampaikan waktu Ratas (Rapat Terbatas). Pak Presiden sangat mendorong banget pertumbuhan ekonomi rakyat, baik itu proses permodalannya dan lain-lainnya,” ungkap Yasonna.

Ketua Umum AKUMANDIRI, Hermawati Setyorinny menyampaikan dengan 500 ribu anggota UMKM yang tersebar di 34 Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

“AKUMANDIRI dapat mendukung program pemerintah untuk membantu permasalahan ekonomi masyarakat,” kata Rinny biasa disapa.

Baca Juga:

Rinny menuturkan kebutuhan pelaku usaha yaitu terkait dengan kebijakan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Menkumham Yasonna Laoly juga menyampaikan tentang kebijakannya terkait diskon sebesar 50 persen untuk pengurusan HAKI kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di seluruh wilayah Indonesia.

“Kalau kami akan dorong dan di Omnibus Law akan kami perkenalkan badan hukum perorangan, termasuk BumDes,” ucap Yasonna.

Selanjutnya, Kemenkumham melalui Dirjen Kekayaan Intelektual akan menjalin MoU antara dengan AKUMANDIRI terkait dukungan berupa potongan 50 persen untuk biaya pendaftaran HAKI.

“Kementerian Hukum dan HAM akan terjun langsung bersama AKUMANDIRI untuk mengedukasi dan memberikan advokasi kepada masyarakat pelaku UMKM untuk pentingnya pendaftaran kekayaan intelektual agar terlindungi,” kata Rinny lagi.

Hadir dalam pertemuan tersebut Hermawati Setyorinny didampingi oleh beberapa pengurus pusat, di antaranya Wakil Ketua Umum Rinindya Wulan Arumandanni; Ketua Bidang Advokasi, Hukum dan HAKI, Dyah Probondari; Ketua Bidang Informasi Teknologi, Publikasi dan Pemasaran, Priyo Pamungkas; Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Khaesan Nuranisa; dan Bidang Kerjasama Usaha, Antar Lembaga dan Kemitraan Henny Fauziyah. (Tyo)