Bersama Kasal, Ketua Komisi I DPR Lihat Langsung Vaksinasi di Belawan

0
224
Dok Foto: Dispenal

Belawan (Samudranesia) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bersama Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Meutya Viada Hafid meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi bagi 2.000 masyarakat maritim bertempat di Dermaga Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan, Sumatera Utara, Senin, (30/8) untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

Kegiatan ini sesuai dengan Instruksi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., untuk bersama-sama membantu Pemerintah melaksanakan percepatan penanganan  pandemi Covid-19. Jajaran TNI AL mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana untuk mendukung program pemerintah melalui serbuan vaksin masyarakat maritim.

Serbuan vaksinasi terutama  pada masyarakat yang berada di wilayah pesisir, nelayan di pulau-pulau terpencil, pelabuhan-pelabuhan, komplek-komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL.

Kasal di hadapan para awak media menyampaikan bahwa kegiatan serbuan vaksinasi  akan terus dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah agar cepat selesai, sehingga 70% penduduk Indonesia semuanya dapat tervaksin dan memiliki herd immunity terhadap virus Covid-19, terutama bagi masyarakat maritim, nelayan serta masyarakat dipulau-pulau terluar yang menjadi sasaran TNI AL.

“Sampai saat ini, kita sudah mencapai vaksinasi 872.000 masyarakat nelayan, pesisir dan pulau-pulau yang tersebar. Memang belum tercapai semuanya, tetapi kita akan terus laksanakan. Pulau-pulau yang tidak bisa terjangkau kita datangkan KRI untuk memberikan vaksin dan ketersediaan oksigen seperti di Pulau Lingga maupun di Bangka Belitung,” ungkap Kasal.

Lebih lanjut Kasal mengatakan, selain kegiatan vaksin Covid-19, unsur-unsur TNI AL tetap ada yang   melaksanakan tugas-tugas pengamanan atau patroli di wilayah perairan Indonesia. Hal ini  tentunya akan berhasil apabila saling bersinergi dengan TNI AD, TNI AU dan Polri dalam menjaga kedaulatan Indonesia.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR RI mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL melalui kepemimpinan Kasal yang telah menjiwai dan memahami dengan melaksanakan kegiatan positif ini, bersinergi dengan pemerintah Provinsi Kota Medan, TNI dan Polri, DPR RI, serta tokoh masyarakat yang menunjukkan bahwa dengan kebersamaan bisa melawan pandemi.

“Perang saat ini tidak hanya mengangkat senjata, Operasi Militer Selain Perang atau OMSP yang diatur dalam UU yang mengatakan ketika TNI dibutuhkan untuk melakukan hal-hal yang menjadi ancaman negara, maka TNI hadir dan TNI AL bersama dengan seluruh jajaran TNI-Polri serta Pemerintah berhasil melaksanakan mengatasi pandemi ini bersama-sama,” pungkas Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Kegiatan vaksinasi  di Lantamal I Belawan ini  didukung 80 orang vaksinator berasal dari Diskes Lantamal I, Rumkital dr. Komang Makes Belawan,  Kesdam I Bukit Barisan, RSAU dr. Abdul Malik Polda Sumut, RS Esmhun, RS PHC Medan, Puskesmas Sicanang Belawan. Dalam peninjauan  kegiatan vaksinasi ini,  Kasal dan Ketua Komisi I DPRI didampingi seluruh elemen pemerintah Kota Medan memberikan bantuan sembako kepada 2.000 nelayan yang dilanjutkan peninjauan fasilitas Lantamal I Belawan.   

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota Komisi III DPR RI Sari Yuliati, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Asrena Kasal Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M., Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Walikota Medan, Pangdam I Bukit Barisan, Pangkosekhanudnas III, Kapolda Sumatera Utara dan Danlantamal I Belawan, serta pejabat lainnya. (*)