Bahas Pembangunan Bahari, Sultan Kanoman XII Cirebon Sambangi Dispenal

0
150
Dok Foto: Dispenal

Jakarta (Samudranesia)- Kanjeng Gusti Agung (KGA) Sultan M. Saladin atau yang dikenal Sultan Kanoman XII Cirebon melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) yang disambut langsung oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut  (Kadispenal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Julius Widjojono, di Ruang Radio Jalesveva Jayamahe (JJM), Gedung B4 Lantai 1 Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur beberapa minggu lalu.

KGA Sultan M. Saladin yang hadir didampingi keluarga Keraton Kanoman Cirebon menyapa JJMers melalui siaran langsung Radio JJM yang dipandu Penyiar PNS Riko (Erjun) dan Mayor Indra (Mbak Iin). Radio JJM 107.7 FM Suara Samudera merupakan stasiun Radio Komunitas yang didirikan pada tahun 2007 dan mengalami renovasi pada tahun 2019. 

Selain itu Radio JJM juga dapat diakses secara streaming melalui website resmi TNI AL (www.tnial.mil.id), maupun aplikasi melalui playstore sehingga para pengguna smartphone bisa mendengarkan radio tersebut dimanapun mereka berada.

On air radio JJM yang mengangkat topik program Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL tersebut, Sultan Kanoman XII Cirebon menyampaikan bahwa, program ini sangat positif dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat pesisir di Cirebon.

“Kami berterima kasih bahwa Cirebon dijadikan destinasi sebagai pilot project KBN. Untuk lokasinya, akan dikomunikasikan dengan Lanal Cirebon maupun dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Menurut Sultan Kanoman XII Cirebon, selain menginformasikan kepada masyarakat terkait rencana pembangunan program KBN di wilayah Cirebon, progam yang dicanangkan TNI AL dengan memfokuskan kluster edukasi, ekonomi, kesehatan dan pariwisata ini tentunya akan meningkatkan taraf ekonomi bagi masyarakat pesisir. Kemudian mampu memberikan solusi bagi masalah-masalah yang ada di tengah masyarakat terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Sekdispotmaral) Kolonel Laut (P) O.C. Budi Susanto, S.H., M.Si., mengatakan program KBN harus berkolaborasi antara pemerintah, masyarakat, akademisi, organisasi setempat dan media, serta disosialisasikan kepada masyakarat khususnya Desa binaan TNI AL yang sampai saat ini berjumlah 1.757.

“Setiap Pangkalan TNI AL telah diperintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., MM., untuk menunjuk satu desa yang akan dijadikan Kampung Bahari Nusantara. Dengan kriteria yang telah ditentukan, maka masyarakat pesisir yang tingkat pendidikanya jauh dari yang di kota akan diberikan kesempatan menerima program KBN salah satunya klaster edukasi yaitu rumah pintar yang didalamnya terdapat ruang perpustakaan, ruang kelas, ruang pelatihan dan juga ruang staf”, pungkas Sekdispotmaral.

Turut hadir dalam acara kunjungan Sultan Kanoman XII Cirebon di Dispenal yaitu, Kadisjarahal Laksma TNI Supardi, Sekdispenal Kolonel Laut (E) Nevy Dwi Soesanto, S.T., CHRMP., Sekdisjarahal Kolonel Laut (KH) Drs. R. Syarif Thoyib, M.Si., para Kasubdis Dispenal, dan pejabat terkait lainnya. (*)