Bahas Investasi, Menlu China Kunjungi Danau Toba

0
168
Menko Marves Luhut B Pandjaitan bersama Menlu China Wang Yi di Danau Toba.

Parapat (Samudranesia) – Danau Toba merupakan salah satu Lima Daerah Wisata Super Prioritas yang menjadi destinasi andalan Indonesia yang mendunia. Investasi dalam membangun kawasan Danau Toba menjadi daera wisata yang berkelas dunia pun datan mengalir.

Salah satu negara yang banyak membantu pembangunan destinasi wisata Danau Toba adalah China. Negeri Tirai Bambu ini menjadi mitra strategis pemerintah dalam mengembangkan Danau Toba.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi pada Selasa (12/01/2021) di Parapat, Sumatera Utara.

Wang Yi bersama beberapa delegasinya dijadwalkan melakukan kegiatan hiking dan mengunjungi beberapa tempat historis yang berada di sekitar Danau Toba didampingi oleh Menko Luhut.

Menko Luhut memang beberapa kali mengundang Menlu Wang Yi untuk berkunjung ke Toba dan melihat langsung keindahan Danau Toba. Menlu Wang Yi dikenal mempunyai hobi hiking itu dalam kunjungannya ke Toba langsung menikmati pemandangan yang menakjubkan di sana.

Kunjungan ini yang sedianya berlangsung pada Februari tahun lalu tersebut tertunda karena pandemi Covid-19.

“Wang Yi besok akan bertolak ke Jakarta untuk mengikuti agenda pertemuan dengan Menlu RI dan melakukan audiensi kepada Presiden RI. Kunjungan ke Indonesia merupakan bagian dari safari yang dilakukan Wang Yi ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Myanmar, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Filipina,” ujar Luhut.

Pada kesempatan ini Menko Luhut yang didampingi oleh Wamendag berkesempatan melakukan pembicaraan dengan Menlu Wang Yi mengenai peningkatan kerjasama strategis di bidang maritim, investasi dan perdagangan, pelatihan vokasi, dan pengentasan kemiskinan di daerah pesisir.

“Kedatangan sahabat saya, Bapak Wang Yi ke Danau Toba ini diharapkan dapat mengembangkan kerja sama yang baik dan berkelanjutan antar kedua negara. Besok Bapak Wang Yi akan diterima oleh Bapak Presiden RI dan mendengar langsung harapan Bapak Presiden terhadap kerjasama strategis kedua negara yang telah terjalin selama ini” ungkapnya.

Wang Yi dijadwalkan melakukan kunjungannya di Indonesia selama dua hari, mulai dari tanggal 12 hingga 13 Januari 2021. (*)