Asinan dan Kuliner Jakarta Terlezat Lainnya

0
621

Jakarta (Samudranesia) – Sensasi rasanya memang luar biasa, segar banget. Kombinasi antara rasa pedas, manis dan asam yang pas. Mencicipi kuliner khas ini malah benar-benar membuat makin berselera. Seolah timbul semangat buat melahap habis semuanya. Pokoknya, asinan Betawi itu memang punya sensasi rasa yang luar biasa.

Bukan cuma asinan Betawi punya koleksi makanan atau minuman khas. Berjibun. Semua punya sensasi rasa jempolan, bikin nagih. Bukan rahasia lagi, dalam deretan minuman asli Betawi aja, ada bir pletok, kopi jahe, es selendang mayang, es cincau, tuak Betawi dan seterusnya. Buat jenis makanannya, Betawi punya, semur jengkol, ketoprak gado-gado, nasi uduk, kerak telor dan banyak lagi.

Baca Juga: Nasi Ayam Pedas Biangkerok Favorit di Cipete

Dari sekian banyak jenis makanan itu harus diakui ada yang memang gak gampang ditemui. Bukan cuma tak ada lagi di warung atau rumah-rumah makan, di rumah-rumah masyarakat Betawi pun makanan tersebut sudah tidak dibuat lagi. Hanya pada momen tertentu saja biasanya makanan itu baru dibuat dan disajikan.

Mungkin Anda masih tetap penasaran ingin lebih banyak lagi mengenal makanan khas Betawi yang lain. Jangan khawatir. Samudranesia akan mengungkapnya buat Anda. Makanan ini pastinya tak kalah sedap dan khasnya. Tetap memiliki karakter yang sangat kuat sebagai kuliner asli warga Betawi. Nah, berikut beberapa di antaranya:

1. Pecak Lele

Nama makanan khas ini cukup populer. Sebab, hampir di banyak daerah pecak lele itu ada. Bahkan, boleh dibilang hampir sebagian masyarakat kita cukup akrab dengan nama jenis makanan yang satu ini.

Harus diakui pecak lele khas masyarakat Betawi memang punya citarasa yang unik. Berbeda banget dengan pecak lele dari daerah lain pada umumnya. Biasanya ikan lele tersebut hanya digoreng, kemudian dihidangkan hanya dengan sambal. Simpel banget. Nah, pecak lele Betawi jauh lebih komplet. Disajikan, bukan cuma dengan bumbu saus kacang dan air asam Jawa saja, tapi juga santan. Disiram di atas lele goreng. Tak heran, kalau sensasi rasanya benar-benar menggoda.

Soto Tangkar

2. Soto Tangkar

Gak kalah mantapnya adalah soto tangkar. Makanan yang satu ini juga punya citarasa sama enaknya dengan kebanyakan kuliner khas Betawi lainnya. Rasanya gurih banget. Karena bumbunya memang diracik dari kombinasi beberapa jenis rempah-rempah. Lalu, bahan utama pembuatan soto tangkar ini adalah iga sapi. Berbeda sekali dengan soto lainnya yang biasanya berbahan daging ayam, serta tak jarang pula menggunakan daging sapi.

3. Semur Jengkol

Makanan khas Betawi yang satu ini harus diakui masih terbilang eksis sampai sekarang. Bukan cuma dibuat di rumah masyarakat Betawi saja, tapi hampir semua warung maupun rumah makan kerap turut menyajikan. Bahkan, termasuk  hampir semua rumah makan. Harus diakui, jengkol memang punya aroma atau bau yang menyengat banget. Logis, jika tidak semua orang suka. Tapi, lewat olahan semur, jengkol bisa punya citarasa berbeda. Yang pasti, empuk saat dikunyah dan lezat banget. Semua itu, berkat racikan berbagai bumbu rempah-rempah yang sangat khas.

4. Soto Betawi

Cita rasanya gurih dan menggoda selera. Tak heran, menikmati soto Betawi ini selalu bikin nagih, alias gak mau berhenti. Makanya, makanan yang satu ini banyak banget diburu. Logis, kalau kemudian soto Betawi ini menjadi begitu populer.

Soto Betawi biasanya terbuat dari  daging jeroan, seperti: hati, paru, babat, maupun organ sapi lainnya. Sedang kuahnya terbuat dari campuran susu dan santan. Tak aneh, kalau rasa soto ini jadi khas dan lezat banget. Lebih asyik lagi, kalau soto Betawi ditambahkan emping, serta nasi hangat.

5. Asinan Betawi

Buat Anda yang hobi asinan, menjadikan  asinan khas Betawi ini sebagai makanan pilihan jelas pas banget. Pasalnya, asinan ini punya sensasi rasa yang amat lengkap. Yang pasti, enak banget dan bikin segar. Bahannya adalah campuran beragam sayuran yang dibuat asin serta diawetkan. Sayuran itu antara lain, kecambah, kubis, sawi, tahu dan selada. Lalu, ditaburi bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai.

Biasanya biar cita rasanya lebih asyik lagi di atasnya ditambah kacang goreng. Lalu, disantap dengan kerupuk kuning yang bentuknya seperti mi yang melingkar. Sebelum ditabur di atas asinan, kerupuk dihancurkan terlebih dulu.