60 Pelaku Industri Ikuti Sertifikasi Profesi Pengemasan Hasil Perikanan Di Muara Baru

0
660
Proses uji sertifikasi pengemasan hasil perikanan di Muara Baru.

Jakarta (Samudranesia) – Tak kurang dari 60 peserta ikuti sertifikasi profesi di bidang pengemasan hasil perikanan. Disertifikasi dilakukan oleh salah satu lembaga sertifikasi profesi (LSP) perikanan di Muara Baru, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Peserta datang dari berbagai daerah Jakarta, Bogor dan Bekasi. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama LSP Perikanan Oktamina Nusantara, Komunitas Maritim Indonesia (Kommari) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

“Sejak Mei lalu kami sudah melakukan sertifikasi sedikitnya 300 peserta tiap bulannya. Sertifikasi ini sifatnya menjadi wajib, sekarang masih banyak diinisiasi pemerintah. Belum banyak perusahaan yang aware dengan hal ini,” kata Irawan Muripto, Asesor sekaligus pimpinan LSP Oktamina Nusantara.

Irawan Muripto, Assessor Sertifikasi Profesi Bidang Pengemasan Hasil Perikanan

Lewat inisiasi ini, pemerintah mencoba untuk mengajak para industriawan perikanan agar para karyawannya memiliki servis yang layak untuk diajak menembus ke level yang lebih baik karena produk Indonesia bersaing ketat di Asia dan Eropa. 

“Kita sudah masuk ke pasar bebas masyarakat ekonomi Asean (MEA). Kita bersaing dari segi mutu dari kualitas. Suatu saat nanti akan kedatangan tamu dari ASEAN, dia akan melihat pabrik sejauh mana mereka mempersiapkan diri untuk bersaing,” ujar Irawan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan, Pargio mengatakan peserta sertifikasi kali ini sangat antusias. Mulai dari 09.00-15.00 WIB peserta terlihat bersemangat. Setiap pertanyaan yang disampaikan penguji, semua peserta saling sahut menyahut menjawabnya.

“Mereka memang sehari-hari bekerjanya di bidang itu, sehingga enggak heran kalau mereka terlihat bersemangat dan klop dengan pengujinya,” aku Pargio. 

Seperti misalnya Veronika Marpaung yang sudah 4 tahun bekerja di bidang processing dan pengemasan hasil perikanan terlihat dengan mudah melahap dan menjelaskan hal-hal yang ditanyakan penguji. Ia mengatakan senang bisa ikut dan mendapatkan sertifikasi.

“Beberapa sertifikat saya sudah pernah dapat. Tapi ini lebih bergengsi, karena ini menjadi pengakuan kalau kita kompeten di bidang yang selama ini digeluti,” pungkas Veronika. (Ney/Ars)