5 Kuliner Banyuwangi yang Lezatnya Luar Biasa

0
214

Wisata di Banyuwangi memang punya kesan tersendiri yang gak mudah dilupakan. Bukan cuma objek wisatanya saja yang membawa kesan begitu dalam, tapi kuliner khasnya pun begitu. Bukan rahasia lagi, kalau kuliner asli Banyuwangi itu benar-benar khas. Kekhasan itu nampak banget mulai dari cara pembuatan sampai pada pemilihan bahan-bahannya yang alami.

Tak heran, kalau kuliner asli Banyuwangi punya sensasi rasa yang menggoda. Dan, rasa itu bisa ditemukan di semua makanan khas kota ini. Asal tahu saja, Banyuwangi punya deretan jenis makanan dan minuman khas yang banyak banget. Makanya, rugi loh kalau bertandang ke kota ini tanpa mencicipi sedikit pun kuliner khasnya. So, jangan bilang gak bisa mencicipi makanan khas itu, karena alasan susah ditemui. Salah. Justru gampang koq dicari. Hampir setiap warung makan atau malah restoran tersedia. Mau tahu apa saja makanan asli Banyuwangi? Berikut beberapa di antaranya:

Sego Tempong (Travelingyuk.com)

Sego Tempong

Menu khas yang satu ini memang terbilang bersahaja banget. Diracik dari bahan-bahan yang juga sangat sederhana, nasi putih, ditambah rebusan sayur-mayur juga sambal mentah. Masyarakat Banyuwangi menyebutnya sambal tempong. Tempong artinya tampar. Jadi, jangan heran kalau sego tempong ini punya cita rasa yang pedas nampar banget. Tak heran, kalau menu ini cocok buat Anda penggemar makanan pedas.

Sensasi rasanya bisa lebih asyik lagi, kalau menikmati sego tempong ‘ditemani’ makanan tambahan lain. Sebut saja, semisal: dadar telur, dadar jagung, pepes ikan laut, ayam goreng dan ikan asin. Lalu, yang paling pas menikmati menu ini di saat-saat makan siang atau malam.

Rujak Soto (tribunnews)

Rujak Soto

Nah, ini juga makanan khas Banyuwangi yang gak kalah asyiknya. Sekaligus, punya nama yang juga cukup kondang. Rujak soto terbilang unik. Dibuat dari perpaduan rujak sayur, lalu disiram kuah soto, plus irisan daging dan babat. Penyajiannya tentu akan lebih sensasional kalau ditambah lontong.

Buat sayuran yang biasanya digunakan dalam rujak ini simpel aja. Selain rebusan kangkung dan kacang panjang, rujak soto juga dicampur kubis, kembang turi dan juga potongan tahu serta tempe goreng. Yang pasti, rujak yang sudah dikenal sejak  1970-an dan terinspirasi lagu asli Banyuwangi “Rujak Singgul” punya cita rasa menggoda selera.

Pecel Pitik (banywuangibagus.com)

Pecel Pitik

Yang gak kalah unik dan khasnya adalah pecel pitik. Menu khas Banyuwangi yang satu ini dibuat dari ayam kampung yang dipanggang. Ayamnya lantas disuwir dan ditaburi parutan kelapa, plus bumbu, seperti: cabai rawit, daun jeruk, terasi, kemiri, gula dan garam.

Soal rasa, jangan tanya. Asli, gurih banget. Dan, buat mencicipi pecel pitik ini, gampang didapatnya di warung-warung. Pasalnya, panganan khas ini memang sudah banyak dibuat di hampir setiap warung. Berbeda dengan dulu, pecel pitik cuma bisa ditemui di momen-momen spesial saja, seperti acara selamatan.

Sego Cawuk (Instagram.com/andreyongz

Sego Cawuk

Lain sego tempong, lain pula sego cawuk. Meski sama-sama makanan khas Banyuwangi, dan bernama depan sego juga, tapi soal rasa plus pola makannya beda banget. Sego cawuk ini banyak dikenal sebagai menu sarapan. Sesuai namanya, sego cawuk yang diambil dari bahasa Using, bahasa khas Banyuwangi, berarti nasi, dan cawuk, makan dengan tangan.

Isi sego cawuk sebenarnya gak ribet. Cuma nasi putih yang dilengkapi lauk, seperti gecok. Gecok itu campuran parutan kelapa dan pipilan jagung bakar pedas dan enak. Biar lebih mantap lagi rasanya, sego cawuk biasanya ditambah kuah pindang gurih. Plus, sambal serai serta daun kemangi yang dikukus. Atau, boleh juga dihidangkan dengan lauk lainnya. Sebut saja, misalnya: pepes ikan laut dan asyik juga dengan telur pindang.

Pecel Rawon (kumparan.com)

Pecel Rawon

Mau cicipi juga menu khas yang sedikit beda? Coba aja pecel rawon. Makanan ini boleh dibilang cukup unik. Bagaimana tidak, dari namanya saja pecel rawon, sudah bisa ditebak kalau makanan khas ini merupakan kombinasi dua menu yang berbeda, pecel dan rawon. Tak heran, kalau melihat komposisinya terdiri dari nasi yang dicampur sayur rebus, plus sambal pecel. Lalu, disiram kuah rawon dan irisan daging sapi. Dan, rasanya unik serta khas banget. Apalagi, nyantapnya ditambah rempeyek yang renyah.