Watergong, Tempat Wisata di Klaten yang Lagi Hits

0
170
Dok. Watergong

Klaten (Samudranesia)- Sebuah desa di Klaten, Jawa Tengah mendadak viral dan banyak dikunjungi wisatawan. Gara-garanya banyak yang warga yang penasaran untuk melihat kejernihan air sungai yang mengalir di tempat wisata bernama Watergong tersebut.

Watergong berada di area persawahan Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Dari alun-alun kota ini, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 26 menit saja dengan mengendarai mobil.

Nama Watergong memang akhir-akhir ini sering direkomendasikan sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat singgah di Klaten. Di sini, selain bisa menikmati hijaunya pemandangan area persawahan, pengunjung bisa menikmati aliran air sungai yang jernih yang dipenuhi dengan warna warni ikan yang berenang.

Kegiatan mengamati ikan-ikan ini ternyata memberikan kepuasan tersendiri.

Watergong  dulunya merupakan aliran Sungai Gejikan. Sungai ini memiliki panjang hanya sampai 100 meter saja. Namun selama bertahun-tahun kondisinya sangat kotor dan penuh dengan sampah. Ditambah dengan semak belukar yang tumbuh di tepian sungai yang semakin menyembunyikan keberadaan sungai tersebut.

Adalah Bagong Margono yang memiliki inisiatif merevitalisasi sungai tersebut. Sejak empat tahun lalu ia mulai membenahi kondisi sungai dengan membersihkan lingkungannya. Upayanya tidak mudah karena ia harus mengubah kebiasaan masyarakat yang selalu membuang sampah ke sungai.

Setelah sungai terbuka dan terbebas dari sampah, mulai terlihat aliran airnya yang bersih. Bagong lalu iseng menaruh ikan di sungai tersebut. Hari ke hari jumlah ikan semakin banyak dan berkembang biak. Warga setempat yang kaget melihat perubahan sungai di desanya menjadi ikut tergerak membantu bagong.

Hanya dalam waktu sekejap, berita tentang sungai bersih yang dipenuhi ikan ini menyebar. Warga yang penasaran tak hanya datang dari sekitar desa bahkan dari luar desa dan luar kota.

Kini di lokasi yang sudah tertata rapih menjadi desa wisata tersebut dilengkapi dengan baragam wahana wisata, seperti kolam pemandian dan rumah makan.

Anda yang berniat mengunjunginya, Watergong buka setiap hari pada 08.00-16:00 WIB. Tiket masuknya lumayan murah, hanya Rp5000 saja.