Waspadai Gejala Penyakit Jantung Pada Anak Anda

0
62
penyakit jantung

Jakarta (Samudranesia) – Penyakit jantung saat ini menjadi “pembunuh” nomor satu di dunia. Artinya, dari sekian banyak jenisnya, penyakit inilah yang menempati posisi tertinggi atau paling banyak mengakibatkan kematian. Masuk akal, karena serangan jantung sebenarnya tidak memandang bulu dalam mencari sasaran. Tak hanya laki-laki, perempuan pun tak luput dari sasarannya. Bahkan, bukan cuma orang tua, anak-anak pun sangat mungkin terkena serangan penyakit mematikan ini. Makanya, tak aneh kalau jumlah korban keganasan penyakit jantung ini terus melonjak.

Pemunculan penyakit jantung kerap dianggap misterius. Tanpa disadari tiba-tiba saja penyakit ini menyerang. Fatalnya, tak jarang serangan ini kemudian menyebabkan kematian. Wajar, kalau penyakit ini membuat was-was siapapun. Karenanya, demi mencegah pemunculannya perlu langkah antisipasi yang tepat. Salah satunya, dengan mengenali gejala-gejala penyakit tersebut. Berikut rangkumannya:

Pusing. Tentu perlu diwaspadai, bila ini terjadi. Keluhan lain yang kerap mengiringinya, antara lain: penglihatan kabur, badan lemas, kepala berat dan melayang, serta yang fatalnya adalah pingsan. Secara medis, pusing erat kaitannya dengan gejala penyakit jantung, seperti: jantung koroner, aritmia dan gagal jantung.

Kelelahan. Ini merupakan gejala awal penyakit jantung. Bila kondisi ini berkepanjangan disarankan untuk melakukan pemeriksaan agar secepat mungkin bisa diketahui penyebabnya yang pasti.

Detak jantung cepat. Selain cepat, detak jantung tidak teratur. Tak jarang pula diikuti gejala pusing, nyeri di dada, sesak nafas dan tubuh terasa limbung atau goyah. Untuk detak jantung yang cepat ini kerap terjadi pada bayi.

Dada nyeri. Penyebab utamanya karena jantung tidak memperoleh aliran darah dengan kadar oksigen memadai. Gejala ini bisa terjadi dalam hitungan hari maupun minggu. Biasanya akan menjalar ke beberapa bagian tubuh lain, seperti: tangan, leher, bahu rahang dan punggung. Dan, bisa menyerang siapa saja, pria, wanita maupun para remaja.

Perut nyeri. Gejala ini sering kurang disadari. Tak jarang orang hanya menganggapnya sebagai akibat masuk angin saja. Biasanya, ada keluhan lain yang muncul saat serangan jantung ini terjadi, antara lain: nyeri pada lambung dan mual-mual.

Sesak nafas. Seperti pada gejala yang lain, sesak nafas pun sangat mungkin terjadi pada pria, wanita serta anak-anak. Penyebabnya, karena aliran darah kurang lancar plus kurang oksigen. Kondisi ini menyebabkan fungsi jantung tidak normal, biasanya dibarengi pula nyeri di dada.

Pingsan. Gejala ini paling sering menimpa pada anak-anak. Sebagai tindakan preventifnya tentu saja harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.