Uni Eropa Memulai Pekan Diplomasi Iklim

0
60

Jakarta (Samudranesia) – Uni Eropa bersama dengan negara-negara anggotanya menyelenggarakan “Climate Diplomacy Week” pada 23 September hingga 6 Oktober 2019. Yakni serangkaian kegiatan kampanye mencegah perubahan iklim yang diadakan di kawasan Uni Eropa dan di seluruh dunia.

Dialog Hutanitu.id bersama musisi Alam Urbach tentang kelestarian hutan di Sungai Utik, Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, pada pembukaan Pekan Diplomasi Iklim di Jakarta, Senin (23/9).
Menurut Michael Bucki, Konselor Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia
Climate Diplomacy Week menunjukkan peran Uni Eropa dalam melakukan aksi nyata untuk menyelamatkan bumi, bekerja sama dengan anak-anak muda dan kelompok masyarakat sipil. Tahun ini kami berkolaborasi dengan antara lain 7 kedutaan, 18 organisasi masyarakat serta 12 pemimpin opini (selebriti) dengan harapan akan memberi dampak dan manfaat yang besar, sedini mungkin untuk menyelamatkan lingkungan
Lambert Grijns, Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia
“Pemerintah Belanda menegaskan untuk terlibat aktif dalam upaya penyelamatan bumi. Pada pembukaan Climate Diplomacy Week 2019 ini, kami membuktikannya dengan mengundang para pegiat lingkungan untuk berbagi cerita mereka kepada publik. Kami menyambut baik para champion lingkungan seperti Mukhtasar dari Unilever sebagai satu dari 10   pioneer SDGs dan Hutan Itu Indonesia, gerakan anak muda yang mempromosikan kampanye mencintai hutan. Mereka adalah bukti bahwa banyak upaya positif bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim. Kami harap bisa melakukan kerja sama lebih erat dengan para pegiat lingkungan ini agar semakin banyak pihak yang sadar dan mau terlibat untuk pencegahan terjadinya perubahan iklim.”

Tema Climate Diplomacy Week tahun ini adalah “Anak Muda dan Aksi Iklim”, mengingat semakin banyak orang muda memimpin aksi perubahan iklim, membuat suara mereka didengar, dan secara lebih tegas menuntut pemerintah, dunia usaha dan kita semua, untuk mengambil sikap.

Climate Diplomacy Week 2019 terdiri dari serangkaian kegiatan tematik di Jakarta, maupun di luar Jakarta. Di samping sejumlah forum diskusi, Climate Diplomacy Week 2019 juga akan menyajikan berbagai kegiatan lain seperti lokakarya, kompetisi dan permainan, demo masak, program pembersihan lingkungan dan masih banyak lagi. (WR/Foto : ID Comm)