Terima Kasih Pak Jokowi, Masih Ingat Maritim….

0
166
Ilustrasi Gambar: Net

Jakarta (Samudranesia) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja dilantik kemarin, Minggu (201/10). Kendati belakangan ini dirinya sudah tidak pernah menyinggung soal kemaritiman sebagaimana visinya pada tahun 2014 silam, namun dalam pidato pelantikan kemarin, mantan Walikota Solo itupun mengutip pribahasa Suku Bugis yang identik dengan prinsip pelaut.

Mantan Ketua APMI (Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia) Renaldi Bahri Tambunan menyatakan rasa optimisnya bahwa Presiden Jokowi masih fokus di bidang maritim. Hal itu ketika Jokowi mengucapkan “Pura Babbara’ Sompekku, Pura Tangkisi’ Golikku” yang berarti layarku sudah terkembang, kemudiku sudah terpasang lebih baik tenggelam daripada kembali dalam penutupan pidatonya.

“Terima kasih Pak Jokowi atas pantunnya, yang tidak melupakan maritim. Alhamdulillah beliau masih ingat maritim,” ungkap Renaldi dalam pesan elektroniknya kepada redaksi, Senin (21/10).

Ungkapan Renaldi itu cukup beralasan pasalnya, hampir satu tahun terakhir ini Jokowi jarang menyenggol isu-isu kemaritiman yang telah digagasnya pada 2014. Visi Poros Maritim Dunia bak hilang ditelan bumi beberapa tahun terakhir.

APMI yang berdiri pada tahun 2013 merupakan organisasi yang memelopori kepemudaan untuk fokus di bidang maritim. Gayung bersambut pada 2014 ketika Jokowi mencanangkan Poros Maritim Dunia, organisasi inipun turut menyambut serta mewarnai beberapa program kemaritiman.

Mulai dari menggagas Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) yang menjadi program rutin Kemenko Kemaritiman, pembinaan kepemudaan maritim, membangun Indonesia bersih, dan aktif dalam merespons fenomena-fenomena maritim yang terjadi, APMI bisa dibilang menjadi percontohan tumbuhnya organisasi kepemudaan maritim saat ini.

Sambung Renaldi, pada peroden kedua Jokowi ini, dirinya berharap agar presiden tetap menjunjung tinggi visi kemaritiman. Ia optimis dengan dibalut visi SDM Unggul, kemaritiman Indonesia semakin maju.

“Budaya dan jiwa, serta semangat maritim Pak Jokowi tidak hilang di periode ini. Saya masih optimis beliau akan mengedepankan pembangunan budaya serta SDM maritim,” imbuhnya.

Renaldi yang kini aktif di Indonesia Institute for Maritime Studies (IIMS) itu menyebut pembangunan ekonomi yang mendominasi isi pidato Jokowi juga pasti akan terkait dengan pembangunan ekonomi maritim.

“Kami berharap peningkatan ekonomi maritim khususnya ekspor produk dan jasa maritim,” tandasnya. (Tyo)