Situ Patenggang, Destinasi Wisata yang Cocok untuk Kaum Muda

0
31
Situ Patenggang Dok. Wisatapedi.com

Bandung (Samudranesia) – “Nuansanya benar-benar menyenangkan. Udaranya sejuk, panoramanya pun eksotik dan sangat natural. Tak heran, berada di sini bikin malas pulang”. Itulah kehebatan Situ Patenggang, danau yang punya daya tarik luar biasa dan benar-benar menghipnotis. Bukan mustahil, jika objek wisata yang terletak di daerah Bandung Selatan ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Memang buat wisatawan yang mendambakan suasana tenang Situ Patenggang adalah pilihan paling pas. Pasalnya, destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat natural dengan udaranya yang begitu sejuk. Plus, jauh dari hiruk-pikuk serta kebisingan kota. Terasa sekali nuansa alam pegunungannya yang rimbun dengan hijaunya pepohonan serta dilingkupi kawasan perbukitan. Persisnya, Situ Patenggang berada di sisi selatan Gunung Patuha pada ketinggian sekitar 1.600 m di atas permukaan laut.

Selain bisa menikmati panorama alam pegunungan yang begitu khas, sebenarnya cukup banyak kegiatan wisata lain yang ditawarkan Situ Patenggang. Seperti, bermain sepeda air, perahu angsa dan lain-lain. Atau, yang hobi memancing pun bisa tersalurkan di sini. Untuk wisata bersama keluarga destinasi ini pastinya sangat ideal. Tak hanya itu, spesial kaum muda, Situ Patenggang juga menawarkan tempat yang sangat khusus. Batu Cinta namanya.

Terkait Batu Cinta memang punya kisah tersendiri. Berdasarkan legenda yang berkembang di tengah masyarakat di seputaran kawasan ini, Batu Cinta adalah tempat pertemuan Ki Santang dan Dewi Rengganis. Keduanya merupakan keturunan kerajaan penguasa tanah Pasundan dahulu kala. Mereka saling mencinta, tapi kemudian harus terpisah.

Setelah lama saling mencari, mereka pun akhirnya dipertemukan di sebuah tempat yang sekarang dikenal dengan sebutan Batu Cinta. Tempat pertemuan Ki Santang dan Dewi Rengganis yang sangat bersejarah ini kemudian berlanjut hingga saat ini sebagai tempat yang paling diburu oleh kaum muda yang tengah kasmaran. Dari mitos yang berkembang, konon katanya Batu Cinta dianggap sebagai tempat yang ampuh untuk menyatuhkan cinta mereka.

Yang tak kalah menariknya adalah Pulau Sasaka. Pulau ini juga menjadi destinasi yang cukup digemari untuk dikunjungi, karena bentuknya yang menyerupai hati. Tak sedikit orang yang menjuluki Pulau Sasaka ini sebagai Pulau Asmara. Satu hal yang perlu diingat, kawasan wisata ini juga dikelilingi perkebunan teh lho. Sebuah destinasi yang juga sangat mungkin dijadikan alternatif kegiatan wisata. Utamanya, untuk wisatawan yang hobi berat bertualang. Sambil menikmati sejuknya udara serta panorama indah di sekitarnya, wisatawan bisa menelusuri perkebunan teh tersebut. Jadi, di tempat ini wisata dan olahraga sama-sama bisa.

Nah, buat Anda yang ingin refreshing, tak salah jika Situ Patenggang dijadikan pilihan. Selain objeknya mengasyikkan dan ideal, destinasi ini gampang dicapai dan tak butuh waktu lama. Dari Jakarta bisa ditempuh hanya sekitar tiga jam saja. Dan, sebelum sampai ke lokasi, perjalanan Anda dijamin memuaskan. Bagaimana tidak, beberapa kilometer perjalanan Anda menuju lokasi akan disuguhi pemandangan alam Bandung Selatan yang fantastik. Di sana Anda bisa stay sepuas-puasnya. Soal penginapan serta fasilitas lain lengkap. Nggak percaya? Kunjungi saja Situ Patenggang! (Guss)