Sinergi KKP dan TNI Dukung Budidaya Ikan

0
204

Jakarta (Samudranesia) – Kementerian Kelautan dan Perikanan saling bersinergi alam program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

TMMD merupakan salah satu program nasional untuk mendorong pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wilayah perdesaan yang dilaksanakan oleh TNI dengan melibatkan masyarakat dan multi stakeholder.

Kegiatan TMMD ini merupakan salah satu kegiatan prioritas di Korem Antasari 101 Kodam VI/Mulawarman yang dilaksanakan pada tahun 2020. Untuk mendukung kegiatan TMMD di desa Sumber makmur, kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu KKP melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya telah memberikan dukungan melalui integrasi program bantuan benih ikan bagi masyarakat dan restoking ikan lokal di perairan embung.

Penebaran dan serah terima bantuan benih ikan dilakukan oleh Mayjen Irwan Zaini SIP, MHum, Pa Ahli Tk 3 Bid. Ekkudag, Mabesad didampingi Danrem Antasari Brigjen Firmansyah didampingi Kepala BPBAT Mandiangin Andy Artha Donny O dan Dandim 1020 Tanah Bumbu Letkol CPN Rahmat Trianto. Jumlah total benih yang didistribusikan dan direstoking sebanyak 130 ribu ekor yang terdiri dari ikan lele, ikan nila, ikan papuyu, ikan jelawat dan ikan baung.

Pada kesempatan terpisah Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Dr Slamet Soebjakto menyampaikan bahwa sinergitas program antara KKP dan TNI serta sektor lain merupakan salah satu terobosan untuk akselerasi program pembangunan perikanan budidaya berbasis kawasan khususnya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat dalam menghadapi dampak pandemi COVID 19. Apalagi provinsi Kalsel merupakan salah satu provinsi yang menjadi perhatian khusus untuk penanganan dampak pandemi COVID 19 secara nasional oleh presiden.