Sinar Mas Bidik Tanjung Perak untuk Ekspansi Bisnis

0
414
Ist

Surabaya – Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,  dibidik menjadi salah satu pusat distribusi kertas di Indonesia. Ini ditinjau dari potensi dan kesiapan fasilitas yang ada di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III tersebut. Hal tersebut dikemukakan oleh Toto Nugroho, Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III, melalui siaran pers, Senin 4 Maret 2019.

Menurut Toto, perusahaan kertas dan pulp terbesar di Indonesia, Sinar Mas, tengah membidik Pelabuhan Tanjung Perak sebagai pusat distribusi kertas lantaran pelabuhan tersebut berada di tengah-tengah Nusantara, dimana secara geografis sangat strategis menjadi hub distribusi.  “Potensi kerja sama ini sangat baik, karena Tanjung Perak memiliki kesiapan fasilitas pergudangan dan lahan yang siap dimanfaatkan. Apalagi kini ada PT Berkah Multi Cargo (BMC), lini bisnis Pelindo III yang melayani jasa logistik,” kata Toto.

Toto mengaku jika Pelindo III sangat optimis kerjasama tersebut akan terealisasi mengingat Sinar Mas merupakan pemain besar industri kertas dan pulp yang telah memiliki pasar tersendiri. Alasan lainnya, tambah Toto, Sinar Mas memiliki segmen bisnis lain yang juga potensial untuk menggunakan jasa logistik Pelindo III, yakni agribisnis, pangan, dan infrastruktur.

Selama ini Sinarmas sudah menjadi pelanggan jasa Pelindo III untuk jasa bongkar muat curah cair dan lahan penumpukan untuk komoditas CPO (minyak kelapa sawit), di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Peluang kerja sama lain yang akan dijajaki, kata Toto,  yaitu pemanfaatan layanan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak, pemasaran biodiesel di Bali, jasa bongkar muat antar kapal di perairan Satui, serta pelayanan kapal pandu dan tunda di Selat Lombok.