Sinabang, Surganya Penggila “Surfing” Menguji Adrenalin

0
46
Pantai Nancala Dok. Tempat.me

Jakarta (Samudranesia) – Gelegar suara ombaknya memang benar-benar bikin ciut. Apalagi, melihat bagaimana ganasnya ombak itu bergulung-gulung menuju pantai. Gulungan ombak setinggi lima meter yang tak bisa dipungkiri sangat menyeramkan. Pastinya. Tapi tentunya buat orang-orang awam dan bukan untuk mereka penggila surfing. Pasalnya, buat komunitas ini berhadapan dengan ombak seekstrem ini justru membuat mereka seperti terpacu untuk menantang sekaligus menaklukkannya.

Ombak semacam ini memang kerap jadi incaran peselancar sejati. Tapi harus diakui tidak banyak pantai yang memiliki ombak dahsyat dengan arus yang begitu kuat. Mungkin bisa dihitung dengan jari. Nah, di antara destinasi surfing yang langka itu, salah satunya adalah di Pulau Sinabang. Pulau ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Lokasi surfing di Pulau Sinabang bukan hanya satu, tapi pastinya lebih dari itu. Hebatnya lagi, hampir semua itu tak hanya mampu memenuhi jiwa avonturir para peselancar semata, tapi sekaligus menyuguhkan panorama yang menawan. Tak aneh, berada di lokasi ini akan membuat siapapun merasa betah untuk tinggal berlama-lama. Dan, jangan khawatir soal akomodasi. Di Pulau Sinabang sudah dilengkapi sejumlah penginapan yang sangat nyaman.

Lalu, mana saja destinasi surfing di Pulau Sinabang? Coba deh kunjungi Pantai Matanurung. Lokasinya tidak jauh, persisnya di Kecamatan Teupah Tengah. Hanya sekitar 10 menit dari Bandar Udara Lasikin. Atau, mau menguji adrenalin di lokasi lain. Jajal saja Pantai Pulau Tapah. Lokasi ini masuk Kecamatan Teupah Selatan. Untuk mencapainya Anda harus menyeberang ke Pulau Tapah terlebih dahulu.

Pilihan lain adalah Pantai Nancala. Jaraknya sekitar 27 km dari pusat Kota Sinabang. Gelombang laut di lokasi ini sangat menantang, bisa mencapai setinggi 5 meter. Tak heran, jika di sini kerap diselenggarakan lomba surfing. Lalu, untuk para peselancar pemula, atau masih dalam tarap belajar direkomendasikan datang ke Pantai Alus-alus. Pantai ini terletak di Kecamatan Teupah Selatan. Ombak di pantai ini terbilang cukup ramah bagi para pemula, tidak ganas dan tanpa karang pula. Tertarik berselancar di Pulau Sinabang, langsung saja datang ke sana. Khususnya pada bulan Agustus hingga Desember. (Guss)