Siapkan Ketahanan Pangan, Pangdam V Brawijaya Panen Raya Padi di Lamongan

0
93
Pangdam V Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah bersama Bupati Lamongan M. Fadeli.

Lamongan (Samudranesia) – Pangdam V Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah bersama Bupati Lamongan M. Fadeli dan petani melakukan panen raya padi di Desa Karangtinggil, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis (6/8/2020).

Pejabat militer nomor satu di Jawa Timur tersebut memberi apresiasi karena meski telah memasuki musim kemarau ternyata para petani di Kabupaten Lamongan masih bisa melakukan panen raya.

“Panen raya padi ini sangat penting karena menjadi bagian dari upaya kita dalam membangun ketahanan pangan. Petani juga masih bisa eksis meski sedang pandemi Covid-19,” kata Widodo Iryansyah.

Selama ini Kabupaten Lamongan memang menjadi salah satu kabupaten penyuplai beras bagi Jawa Timur. Sementara Jawa Timur sendiri menjadi provinsi yang diandalkan memenuhi kebutuhan pangan di Pulau Jawa dan Indonesia Timur.

“Jawa Timur ini melayani pemenuhan pangan untuk saudara-saudara kita di Indonesia Timur,” imbuh Widodo Iryansyah.

Sementara Bupati Lamongan, M. Fadeli menerangkan jika sampai dengan awal Agustus 2020 ini, luas tanam padi di Kabupaten Lamongan telah mencapai 98.407 hektar.

Produksi secara keseluruhan tercatat 739,7 ribu ton dengan produktivitas sebesar 7,47 ton per hektar. Sedang di Kecamatan Pucuk, luas tanamnya telah mencapai 6.304 hektar dimana dari luas tersebut yang sudah dipanen seluas 4.752 hektar.

“Produktivitas disini yang mencapai 7,5 ton per hektar. Tentunya ini pencapaian yang luar biasa,” ucap Fadeli. (Sah)