Sesmenko Baru, Kemenko Marves ingin Selesaikan “Pending Issue”

0
33
Pelantikan Agung Kuswandono sebagai Sesmenko Maritim dan Investasi baru

Jakarta (Samudranesia) – Dalam sambutannya di Acara Pelantikan Sekretaris Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Menko Luhut berpesan, agar Sesmenko Agung Kuswandono dapat bekerja lebih baik dan juga lebih cepat. Menko Luhut juga mengarahkan dan menekankan beberapa poin penting kepada Sesmenko Agung. Di antaranya, semua administrasi harus benar-benar ditertibkan, dibuat lebih transparan sesuai prosedur yang ada. Dan, dinamika kerja harus cepat karena dengan adanya perubahan organisasi di Kemenko Marves.

“Lalu, untuk seluruh pegawai sekalian, perubahan organisasi kita akan ada 6 Deputi, nah tadi kita baru rapat, jadi saya memprioritaskan mengambil dari dalam, tentunya melalui prosedur bidding yang ada. Terakhir, dengan banyaknya perubahan ini saya minta semua juga menyesuaikan diri dengan hal itu, saya ingin bidding pengisian jabatan sudah jalan, pengorganisasian mengenai jabatan eselon II dan Fungsional itu juga bisa selesai dalam bulan ini, sehingga efektif nanti di Januari kita sudah mulai bekerja dengan organisasi baru,” ujar Menko Luhut, di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Senin (2/12/2019).

Kemudian, lanjut Menko Luhut, agar di tahun depan segala program yang sudah dicetuskan agar tidak lagi menjadi wacana dan mulai segera bekerja.

“Kita sudah mulai inventarisasi, sangat banyak sekali pending issue yang tahun ini belum kita selesaikan, kita berharap itu bisa kita selesaikan selama lima tahun ke depan. Saya berharap ke Sesmenko agar urusan dalam benar-benar dilaksanakan dengan baik dan kepada para Deputi saya minta semua agar bekerja dengan baik,” jelasnya.

Kemudian, dalam bidang investasi, Menko Luhut juga menyerukan agar hal tersebut dapat dikerjakan dan diselesaikan secara cepat dan sungguh-sungguh.

“Dengan adanya perubahan strategi pemerintah Indonesia kita dari berbasis komoditas menjadi value added itu mendapat tanggapan luar biasa. Dan karena kita bagian investasi tersebut, maka kita harus cepat menerjemahkan itu dalam langkah yang konkrit dan dilakukan dengan baik dan cepat. Ke depan sudah jelas, bidang-bidangnya sudah jelas, angkanya jelas, tinggal prosedur yang dipercepat,” tegasnya.

Sesmenko Agung yang mendapatkan arahan tersebut, menyatakan siap menjalankan tugasnya dengan baik, sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan.

“Pertama-tama kita akan menyelesaikan masalah re-organisasi, sebab ini masalah sangat besar karena organisasi kita berubah total, semisal menambah dua deputi dan mengisi kekosongan eselon II, kemudian mengubah eselon III dan IV menjadi fungsional, segala macam, yang jelas akan kerja keras kita di awal-awal ini, jadi mohon dukungan dan kerja keras kita semua,” ujarnya.

Adapun, Sesmenko Agung adalah Sekretaris Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi yang ketiga, namun ia adalah yang pertama di era nomenklatur baru, dari awalnya Kemenko Kemaritiman, menjadi Kemenko Kemaritiman dan Investasi seperti saat ini.

Sebelum menjabat Sekretaris Kemenko Kemaritiman dan Investasi, mantan Direktur Jenderal Bea dan Cukai ini adalah, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman dan Investasi. (Tyo)