Selamat Jalan Pak Bowo…..!

0
438
Pelatih selam Wibowo Sanjaya/POSSI

Jakarta (Samudranesia) – Tjong Kim Lin atau yang biasa dikenal dengan Wibowo Sanjaya (64), nama itu sudah tidak asing lagi bagi para penyelam (diver) di Jakarta. Sebagai Kepala Pelatih Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) DKI Jakarta, Bowo biasa disapa merupakan instruktur selam yang begitu disegani dan dihormati oleh para penyelam.

Pagi tadi, Rabu (12/8), guru, senior, mentor kita semua yang kerap dipanggil Pak Bowo itu telah meninggalkan kita semua. Almarhum menghembuskan nafas terakhir di RS Mitra Kemayoran Jakarta.

Di antara para jurnalis penggiat selam, sosok Pak Bowo begitu banyak memiliki kenangan. Sikapnya yang tegas dan penuh disiplin membuat seluruh materi yang disampaikannya masih membekas di benak para penyelam pemula.

Kendati demikian, Pak Bowo dalam memberikan materi, disampaikannya dengan sabar dan sarat kasih sayang. Dengan jiwa ‘ngemong’ yang tinggi, Pak Bowo merupakan sosok instruktur selam yang ideal.

Kini sosok sang guru tersebut telah tiada, beribu kenangan dan prestasi tertinggal bersama kita semua. Tiada yang lebih bermanfaat yang ditinggalkan dalam menghadap Sang Khalik, selain ilmu yang bermanfaat. Pak Bowo telah memberikan ilmu yang bermanfaat buat kita semua.

Semoga ilmu yang bermanfaat itu senantiasa menghiasi perjumpaannya dengan Sang Pencipta. Selamat Jalan Pak Bowo……!